infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Plt Bupati HSU: 282 Peserta KKN Stai Rakha Amuntai Harus Jadi Agen Perubahan Masyarakat

Plt Bupati HSU: 282 Peserta KKN Stai Rakha Amuntai Harus Jadi Agen Perubahan Masyarakat

Amuntai, infobanua.co.id – Sebanyak 252 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai angkatan XXIII secara resmi dilepas oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi, Lc untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022. Acara pelepasan digelar di halaman Kantor Pusat Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Rabu pagi (2/3/2022)

“Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya pengembangan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang harus diaplikasikannya dalam kehidupan ditengah masyarakat” ujar Ketua STAI Rakha Amuntai Helmiannor, M.Pd.I dalam sambutannya

Pelaksanaan kegiatan KKN selama kurang lebih 2 bulan terhitung dari tanggal 2 Maret – 28 April 2022. Peserta KKN STAI Rakha Amuntai kali ini nantinya ditempatkan di Kabupaten Hulu Sungai Utara di Kecamatan Babirik dan Danau Panggang yang disebarkan ke 27 Desa. Adapun jumlah peserta KKN sebanyak 282 orang, yang terbagi dari Pendidikan Agama Islam (PAI) 182 orang, Ahwal Al Syakhsiyyah (AS) 76 orang, Tadris Bahasa Inggris (TBI) 24 orang.

Adapun Dewan Pengurus Yayasan Ponpes Rakha Amuntai dalam sambutannya mengatakan KKN disamping merupakan prasyarat untuk menyelesaikan perkuliahan di perguruan tinggi, juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan ditengah masyarakat.

“KKN juga merupakan sarana pendewasaan bagi mahasiswa. Pendewasaan yang dimaksud adalah adanya perubahan terhadap pola pikir mahasiswa yang lebih dewasa yang penuh dengan ide yang inovatif dan reformatif”

Dalam hal ini Ustadz Barkatullah berpesan yang paling utama untuk ditampilkan dengan masyarakat adalah Akhlaqul Karimah. Sebaik-baik akhlaq dibawa orang akan semakin mengerti bahwa inilah mahasiswa STAI, inilah calon-calon penerus ulama, inilah generasi yang akan meneruskan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Diharapkan antum jadi pioner untuk meneruskan dakwah Islam ditengah masyarakat dan menjadi pioner pendukung program pembangunan pemerintah kita, khususnya dalam situasi yang kini kita hadapi percepatan penanganan pandemi Covid-19” ujarnya.

Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc mengatakan dengan diselenggarakannya acara pelepasan/penerjunan peserta KKN pada hari ini, kita ingin memberi makna yang lebih mendalam akan misi yang diemban para mahasiswa dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Hal tersebut penting dilakukan agar para mahasiswa dapat memiliki pengalaman di lapangan pada saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat, mampu mendalami dan mengenali apa saja kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat serta berusaha untuk mencari solusinya.

“Yang terpenting adalah mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat setempat dalam kehidupan sosial dan kehidupan keagamaan” tegas Husairi

Dengan adanya mahasiswa KKN ini juga diharapkan nantinya membantu pelaksanaan pembangunan program-program pemerintah.  Sebagaimana fungsi sebagai mahasiswa yaitu agen perubahan, tambahnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan