infobanua.co.id
Beranda BANJAR Monitoring Pelaksanaan Bantuan Stimulan Rumah Bagi Korban Terdampak Bencana Banjir

Monitoring Pelaksanaan Bantuan Stimulan Rumah Bagi Korban Terdampak Bencana Banjir

Martapura, infobanua – Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB melakukan silaturrahmi ke Kabupaten Banjar yang diwakili Kepala Sub Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Perumahan BNPB Agus Riyanto dan diterima dengan ramah oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam Lantai 1, Rabu (10/3/2022).

Kepala Sub Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Perumahan BNPB Agus Riyanto menjelaskan tujuannya untuk memonitoring pelaksanaan bantuan stimulan rumah bagi korban terdampak bencana banjir di wilayah Kalimantan Selatan pada tahun 2021 lalu.

“Sebanyak 9 Kabupaten yg terdampak, sebesar 22,9 Milyar yang diberikan kepada 1054 KK terdiri dari kategori rusak berat, sedang dan ringan”, jelas Agus.

Stimulan ini wujud perhatian Pemerintah Pusat kepada daerah. Stimulan rusak besar 50 Juta, sedang 25 Juta dan ringan 10 Juta,” tambahnya.

Bantuan ini bukan bantuan langsung tunai tapi untuk perbaikan rumah yang rusak akibat terdampak banjir sehingga pemanfaatan dananya harus dimonitor.

Kita tahu rumah ini adalah kebutuhan primer sehingga pemerintah konsen untuk membantu karena kebutuhan utama”, tambahnya.

“Kami optimis ini akan segera selesai sehingga masyarakat cepat mendapatkan haknya.

Kami juga memastikan dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Banjar ini”, tutupnya.

Sedangkan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Ahmad Solhan mengatakan BPBD diinstruksikan untuk menyelesaikan bantuan stimulan ini.

“Sekarang sudah tahap mau mentransfer ke rekening masing-masing masyarakat yang berhak mendapatkan”, ucap Solhan.

Bantuan stimulan ini sudah diberikan aturan petunjuk teknisnya oleh pemerintah daerah. Tata cara pengambilan maupun pembayaran dengan aturan bukan untuk dana konsumtif sehari-hari tetapi untuk perbaikan rumah.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan