infobanua.co.id
Beranda Blitar Puluhan Ribu Warga Kabupaten Blitar, Derita Hypertensi

Puluhan Ribu Warga Kabupaten Blitar, Derita Hypertensi

 

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, menyatakan jika puluhan ribu warga masyarakat di Kabupaten Blitar menderita hypertensi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati, mengatakan,
angka penyakit ini paling tinggi dibanding penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes dan jantung.

“Jumlah penderita penyakit hypertensi di Kabupaten Blitar menduduki peringkat pertama, disusul dengan penyakit degeneratif seperti jantung, kanker, dan diabetes,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr Christine Indrawati, Senin 14-03-2022.

Menurut dr.Christine, data di tahun 2021, ada 63.134 orang warga masyarakat yang menderita hypertensi, mulai dari usia 15 tahun hingga 70 tahun keatas. Dan penderita hypertensi didominasi oleh usia 55 tahun keatas.

“Faktor penyebab penyakit hypertensi secara umum sama dengan penyakit lainnya karena pola hidup yang tidak sehat,” jlentrehnya.

Lebih dalam dr. Christine menuturkan, pola makan yang kurang sehat dan tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur.

“Untuk itu penyakit hypertensi tidak bisa dianggap sepele, harus dicegah dan diobati agar tidak menimbulkan gejala lanjutan,” terangnya.

Selanjutnya dr. Crhistine minta agar warga masyarakat lebih meningkatkan kesadarannya untuk memeriksakan diri secara berkala.

“Kami minta agar warga masyarakat lebih meningkatkan kesadarannya untuk memeriksakan diri secara berkala,” pungkasnya. (Eko.B). 

 

Bagikan:

Iklan