Categories: BANJAR

Pemkab HSS Terapkan SP4N-LAPOR Seperti Kominfo Banjar

Martapura, infobanua.co.id – Keinginan untuk menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dikelola Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kominfo HSS lakukan kunjungan kerja ke Kominfo Banjar, kegiatan ini disambut Sekretaris DKISP Banjar Faisal, di Aula Cakrawala, Selasa (15/3/2022).

Faisal menjelaskan terkait pengaduan yang dikelola oleh DKISP Banjar ada Call Center 112 misalkan ada laporan terjadi kebakaran, maka operatornya akan meneruskan kepada petugas Pemadam Kebakaran untuk segera diatasi dan juga pengaduan Lapor Manis.

“Misal jika ada laporan mengenai air mati maka akan diteruskan kepada petugas yang berwenang menangani masalah tersebut,”jelas Faisal.

Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten HSS Bardiana Hernani mengungkapkan tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar terkait pengaduan SP4N Lapor di Kabupaten Banjar.

“Kami ingin belajar ke Kabupaten Banjar karena Kabupaten Banjar ini sudah melaksanakan SP4N Lapor ini dari tahun 2017,”ujar Bardiana.

Ia berharap dari ilmu yang didapat ini akan diterapkan di Dinas Kominfo HSS.

“Alhamdulillaah banyak mendapat informasi dan ilmu yang mudah-mudahan nantinya akan kami laksanakan di Kabupaten HSS,”harapnya.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik HM Hamdani mengatakan DKISP Banjar berbagi pengalaman terkait pengelolaan SP4N Lapor Manis di Kabupaten Banjar.

“Kita berbagi pengalaman terkait kegiatan-kegiatan dalam pengelolaan Lapor Manis, bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sekolah dan pesantren,”ujar Hamdani.

Dijelaskan Hamdani kita bekerja sesuai undang-undang dan membuka ruang untuk semua masyarakat, membuka tempat pengaduan masyarakat agar mudah dalam menyampaikan keluhan dan aduan-aduan.

Hamdani mengungkapkan program yang dijalankan akan dilakukan evaluasi terhadap masyarakat, apakah masyarakat sudah paham tentang keberadaan Lapor dan paham bagaimana cara menyampaikan aduannya. Dari evaluasi tersebut maka tahun depan bisa membuat program apa saja yang akan dilakukan.

Turut hadir dalam kunjungan ini Risma Ria, analis berita admin SP4N LAPOR Diskominfo HSS, Staf IKP DKISP Banjar dan Pengelola SP4N Lapor Manis DKISP Banjar M Faisal Rizal.

Fad/IB

admin

Recent Posts

Forum Masyarakat Banjarbaru Pencinta Demokrasi Dukung Hasil Pilkada, Sampaikan Tuntutan di KPU

Banjarbaru, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera, SE, hadir dalam…

25 menit ago

Banjarbaru Apresiasi Wajib Pajak Lewat Undian PBB-P2

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru terus mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi pada pembangunan…

1 jam ago

Dialog Akhir Tahun, Wali Kota Aditya Tegaskan Pentingnya Kebersamaan dalam Pembangunan Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id– Kota Banjarbaru telah menunjukkan kemajuan luar biasa di berbagai sektor selama empat tahun…

3 jam ago

Pemko Banjarbaru Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital untuk Percepat Layanan Publik

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menggelar acara Sosialisasi…

3 jam ago

Pemprov Kalsel Lakukan Uji Coba Coretax DJP

Banjarmasin, 12 Desember 2024 – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil…

6 jam ago

Telkomsel Digital Campus Ecosystem di Universitas Lambung Mangkurat Semangat Indonesia Perkuat Ekosistem Digital Pendidikan

Telkomsel berkolaborasi bersama Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin menghadirkan seminar edukasi dengan tema “Unlock Golden Youth…

6 jam ago