Ketua PKK HST Lakukan Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda

Barabai, infobanua.co.id – Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah Ny. Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Membuka pembinaan Literasi bagi generasi muda bertempat di desa nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Rabu (23/03/2022).

Dalam sambutannya Bunda Paud HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi mengatakan, bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, yang memiliki peradaban tinggi dan aktif memajukan masyarakat dunia.

Dikatakanya, literasi dalam konteks ini bukan hanya masalah bagaimana suatu bangsa bebas dari buta aksara, melainkan juga yang lebih penting, Bagaimana masyarakat memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia.

“Sebagai bagian dari bangsa yang besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah harus mampu mengembangkan budaya Literasi melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, Sekolah, sampai dengan masyarakat,” jelasnya.

Cheri Bayuni mengatakan, secara sederhana, Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Untuk mengembangkan budaya tersebut dapat melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak.

“Membudayakan literasi, diperlukan tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskannya. Untuk itu, saya mengajak semua pemangku kepentingan termasuk komunitas literasi, akademisi, organisasi profesi, organisasi sosial, dunia usaha dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan gerakan literasi guna menumbuhkan budaya literasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” harapnya.

Hari ini kegiatan pembinaan literasi untuk generasi muda dengan sasaran anak usia PAUD lanjutnya, dan Sekolah Dasar di desa Nateh dilaksanakan, melalui pembinaan literasi ini saya harapkan dapat memberikan kemajuan kepada masyarakat dalam pendidikan, agar tidak ada lagi anak buta aksara khususnya di desa Nateh Kecamatan Batang Alai Timur.

Dalam acara tersebut turut hadir, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Kabid Pembinaan PAUD dan DiKNAS, Kepala Sekola Nateh, Guru TK/PAUD Harapan Bunda, Pengurus PKK Kab. HST, Duta Bahasa Kalimantan Selatan.

Nang/IB

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts