Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250
TAPIN  

Petugas Rutan Rantau Donor Darah Dalam Rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58

banner 120x600
banner 468x60

TAPIN, INFOBANUA.CO.ID – Petugas Rumah Tahanan Kelas IIb Rantau sebagai wujud keperdulian sosialnya mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58 tahun 2022. Rabu (24/3/2022), bertempat di Markas PMI Tapin.

Kepala Rutan Kelas IIb Rantau, Hasyim, A.md.IP.SH.MM mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Tapin.

banner 325x300

“Ada sekitar 15 petugas nampak antusias mendonorkan darahnya. Namun diantaranya ada beberapa petugas setelah dicek sampel darahnya, belum memungkinkan untuk diambil darahnya,”katanya.

Juga 2 orang petugas kita golongan darahnya termasuk golongan darahnya yang sulit.

“Jadi yang sangat dibutuhkan adalah golongan darah A-B yang terdata di PMI,”katanya.

Dapatkah kegiatan sosial donor darah ini berkelanjutan, lanjut dikatakan Kepala Rutan, saya juga bertanya kepada petugas PMI bisakah warga binaan diikutkan dalam kegiatan donor darah ini.

Rupanya masih ada asumsi dari masyarakat berupa anggapan terhadap warga binaan berupa kesan stigmatisasi pengecapan bahwa darah warga binaan itu negatif.

“Dalam artian, tertular. Kalau tertular penyakit itu wajar. Tapi kalau takut tertular sifat mereka warga binaan. Itulah anggapan mereka, kita selalu berusaha berikan edukasi bahwa tidak aelamanya warga binaan di dalam itu jahat. Jadi masyarakat bisa ikut andil membina warga binaan ini,”katanya.

Disini ada tiga pilar terdiri dari warga binaan, pembina, dan masyarakat. Karena warga binaan nanti bakal kembali ke masyarakat.

“Bagaimana mereka berubah baik kalau masyarakat mengecapnya jahat. Darahnya saja, padahal untuk kemanusiaan mereka tak mau,”katanya.

Sekretaris PMI Tapin, Dwi Suryanto mengatakan hari ini dilaksanakan kegiatan donor darah petugas Rutan kelas IIb Rantau dalam rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58 tahun 2022.

Diharapkan kedepannya kegiatan ini bisa berlanjut dan rutin dilaksanakan per tiga bulan sekali, meskipun tidak ada event di rutan.

“Harapannya dengan kegiatan berlanjut per tiga bulan sekali ini, petugas rutan bisa lebih bugar lagi,”katanya.

Reporter Nasrullah

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.