Categories: TAPIN

Petugas Rutan Rantau Donor Darah Dalam Rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58

TAPIN, INFOBANUA.CO.ID – Petugas Rumah Tahanan Kelas IIb Rantau sebagai wujud keperdulian sosialnya mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58 tahun 2022. Rabu (24/3/2022), bertempat di Markas PMI Tapin.

Kepala Rutan Kelas IIb Rantau, Hasyim, A.md.IP.SH.MM mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Tapin.

“Ada sekitar 15 petugas nampak antusias mendonorkan darahnya. Namun diantaranya ada beberapa petugas setelah dicek sampel darahnya, belum memungkinkan untuk diambil darahnya,”katanya.

Juga 2 orang petugas kita golongan darahnya termasuk golongan darahnya yang sulit.

“Jadi yang sangat dibutuhkan adalah golongan darah A-B yang terdata di PMI,”katanya.

Dapatkah kegiatan sosial donor darah ini berkelanjutan, lanjut dikatakan Kepala Rutan, saya juga bertanya kepada petugas PMI bisakah warga binaan diikutkan dalam kegiatan donor darah ini.

Rupanya masih ada asumsi dari masyarakat berupa anggapan terhadap warga binaan berupa kesan stigmatisasi pengecapan bahwa darah warga binaan itu negatif.

“Dalam artian, tertular. Kalau tertular penyakit itu wajar. Tapi kalau takut tertular sifat mereka warga binaan. Itulah anggapan mereka, kita selalu berusaha berikan edukasi bahwa tidak aelamanya warga binaan di dalam itu jahat. Jadi masyarakat bisa ikut andil membina warga binaan ini,”katanya.

Disini ada tiga pilar terdiri dari warga binaan, pembina, dan masyarakat. Karena warga binaan nanti bakal kembali ke masyarakat.

“Bagaimana mereka berubah baik kalau masyarakat mengecapnya jahat. Darahnya saja, padahal untuk kemanusiaan mereka tak mau,”katanya.

Sekretaris PMI Tapin, Dwi Suryanto mengatakan hari ini dilaksanakan kegiatan donor darah petugas Rutan kelas IIb Rantau dalam rangka Hari Bhakti Permasyarakatan ke-58 tahun 2022.

Diharapkan kedepannya kegiatan ini bisa berlanjut dan rutin dilaksanakan per tiga bulan sekali, meskipun tidak ada event di rutan.

“Harapannya dengan kegiatan berlanjut per tiga bulan sekali ini, petugas rutan bisa lebih bugar lagi,”katanya.

Reporter Nasrullah

admin

Recent Posts

Trafik Internet Naik 12.87 Persen, Telkomsel Sukses Kawal Aktivitas Digital Pelanggan Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Trafik akses internet Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) meningkat 12.87…

14 jam ago

Diduga Pungli dan Diduga Pengangkatan Kepsek Belum Bersyarat

SAMARINDA, infobanua.co.id - Munculnya dugaan iuran SD Negeri 006 Harapan Baru Loa Janan Ilir Kota…

18 jam ago

Tausyiah Guru Udin Awali Rangkaian Perayaan Mappanreritasie

BATULICIN, infobanua.co.id – Tabligh akbar bersama KH Zhofaruddin atau Tuan Guru Udin Samarinda mengawali rangkaian Perayaan…

19 jam ago

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan Dari BKKBN

BATULICIN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan…

19 jam ago

Sambut HBP Ke-60, Rutan Dumai Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Pegawai dan Warga Binaan

Dumai, infobanua.co.id – Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rutan Kelas IIB Dumai, Kanwil Kemenkumham…

19 jam ago

Pemkab Kotim Buka Beasiswa Gerbang Mentaya

Sampit, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) membuka beasiswa gerbang mentaya untuk tahun…

19 jam ago