infobanua.co.id
Beranda Blitar Rumah Warga dan Jalan Penghubung Desa di Blitar Retak dan Ambles

Rumah Warga dan Jalan Penghubung Desa di Blitar Retak dan Ambles

Blitar, Infobanua.co.id – Diduga akibat tanah yang bergerak, maka tujuh buah rumah dan satu akses jalan penghubung di Desa Kebonsari, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, mengalami keretakan dan ambles.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto, mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari Camat Kademangan, jika terjadi bencana tanah bergerak yang menyebabkan sejumlah rumah retak dan satu akses jalan penghubung antara Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Bakung berpotensi putus dan ambles.

“Saat ini tim masih melakukan asesstment ke lokasi kejadian,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto, Rabu 23 Maret 2022.

Menurut Ivong, hasil pemantauan sementara ada tujuh buah rumah warga yang terdampak, kerusakan terdapat pada dinding dapur yang terputus, lantai dapur retak, kondisi bangunan miring, serta lantai rumah yang retak-retak.

“Selain tujuh buah rumah yang retak juga jalan penghubung antara Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Bakung di Desa Kebonsari juga berpotensi putus dan ambles,” jlentrehnya.

Selanjutnya Ivong meminta kepada warga masyarakat untuk tidak panik, namun meningkatkan kewaspadaannya.

Saat ini pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dinas Pekerjaan Umim dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, menyampaikan kondisi kerusakan jalan penghubung tersebut untuk tindak lanjut perbaikan.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR, menyampaikan kondisi kerusakan jalan penghubung itu untuk tindak lanjut perbaikannya,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan