infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Bupati Batola Hj Noormiliyani AS Buka Pasar Ramadhan 1443 H

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS Buka Pasar Ramadhan 1443 H

Marabahan, infobanua.co.id – Pasar Ramadhan 1443 Hijriyah di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dikemas berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya menyediakan jajanan khas Ramadhan namun panitia melengkapi berbagai pernak pernik Ramadhan di samping disediakan tempat berbuka serta tempat Shalat Magrib dan Tarawih berjamaah.

Tak hanya itu, panitia juga menyediakan penampilan bernuansa islami untuk memeriahkan bulan Ramadhan guna menghibur pengunjung sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka. Keberadaan Pasar Ramadhan yang berada di kawasan Lapangan 5 Desember Marabahan ini telah dibuka Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Minggu (03/04/2022) sore.

“Harapan kami melalui konsep seperti ini mampu mendorong pemulihan ekonomi masyarakat setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir,” papar Ketua Panita Pelaksana, Hj Raudatul Jannah.

Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola itu mengutarakan, pada Pasar Ramadhan kali ini tersedia 20 stand kuliner untuk berbuka yang berada di sepanjang Taman Pematang Bastun, 25 stand takeaway (bawa pulang) di sepanjang jalan depan Kantor Telkom, dan 21 box pernak pernik Ramadhan seperti kurma, kelapa, dan lainnya yang berada di depan Tribun Lapangan 5 Desember Marabahan.

“Demi kenyamanan pengunjung untuk berbuka kami menyediakan tempat shalat dan berwudhu serta imam bagi mereka yang ingin melaksanakan shalat berjamaah baik Magrib maupun Tarawih,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS saat membuka Pasar Ramadhan 1443 Hijriyah mengatakan, Pasar Ramadhan kali ini memang tidak hanya menjual jajanan Ramadhan namun dikemas agak berbeda dengan melengkapi berbagai pernak pernik Ramadhan di samping disediakan tempat berbuka bersama serta tempat Shalat Magrib dan Tarawih berjamaah.

Munculnya gagasan ini, terang mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, terinspirasi dari suksesnya pelaksanaan Pasar Rakyat yang digelar dalam rangkaian Hari Jadi ke-62 Batola Januari 2022 tadi. Noormiliyani menerangkan, pada Pasar Ramadhan 1443 Hijriyah kali ini selain menyediakan jajanan khas Ramadhan namun panitia juga berupaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan SKPD yang berbuka puasa dalam rangka membantu masyarakat memulihkan ekonomi akibat terpuruk selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Karena itulah, kepada setiap SKPD, bupati mengharapkan, agar mengajak seluruh jajarannya untuk berbuka puasa bersama. “Kami harapkan perhatian, kerjasama, dan kepedulian semua SKPD agar bersama-sama seluruh jajaran untuk berbuka bersama dalam rangka membantu masyarakat memulihkan perekonomian masyarakat,” tekan Noormiliyani.

Bupati wanita satu-satunya di Kalsel ini menerangkan, melalui berbuka bersama setidaknya bisa membantu memulihkan ekonomi paling tidak dagangan yang dijual masyarakat bisa laku sehingga ekonomi mereka dalam menyambut Idul Fitri 1443 Hijriyah bisa tersedia. “Makanya di Ramadhan kali ini konsep yang biasa diistilahkan Pasar Wadai Ramadhan kita rubah menjadi Pasar Ramadhan karena yang dijual bukan hanya wadai namun juga menyediakan fasilitas untuk berbuka, mushalla, tempat berwudhu, termasuk keberadaan imam dalam upaya memudahkan untuk Shalat Magrib bahkan Shalat Tarawih jika ada yang ingin melaksanakannya,” katanya.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan