infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Pemkab Batola Lakukan Safari Ramadhan di Mesjid Baiturrahmah

Pemkab Batola Lakukan Safari Ramadhan di Mesjid Baiturrahmah

* Akhiri Jabatan, Wabup Sampaikan Permohonan Maaf

Marabahan, infobanua.co.id – Memasuki hari kelima Ramadhan 1443 Hijriyah, Kamis (07/04/2022), jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) memulai kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Anjir Muara, tepatnya di Mesjid Baiturrahmah Desa Anjir Muara Lama. Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekretaris Daerah (Sekda) H Zulkipli Yadi Noor beserta para pimpinan SKPD, Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah beserta para anggota forkopimcam.

Safari Ramadhan yang diawali pembacaan Maulid Al-Habsyi dan tausyiah dengan menghadirkan penceramah Al-Ustadz Hilmy Kasyful Anwar dari Alalak ini juga dirangkai pemberian bantuan yang diserahkan Wabup Rahmadian Noor kepada Ketua Badan Pengelola Mesjid Baiturrahmah Desa Anjir Muara Lama Rp45 juta masing-masing Rp25 juta dari Pemkab Batola, Rp10 juta dari Bank Kalsel Cabang Marabahan, dan dari PT Talenta Bumi Rp10 juta.

Mengawali sambutannya, Wabup Rahmadian Noor, memperkenalkan jajaran pejabat yang ikut berhadir mulai dari Ketua DPRD, Sekda, para pimpinan SKPD, dan para camat kepada berbagai lapisan masyarakat setempat yang tengah berhadir. Selanjutnya, mantan anggota DPRD Batola itu juga memaparkan tentang situasi yang tengah berlangsung khususnya terkait kasus Covid-19 serta dampak yang ditimbulkannya baik terhadap kondisi sosial masyarakat maupun pembangunan dan perekonomian.

“Safari Ramadhan tahun ini merupakan yang pertama setelah dua tahun mengalami pandemi Covid-19. Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh pihak terutama TNI, Polri, seluruh aparatur baik kabupaten, kecamatan, desa, serta seluruh lapisan masyarakat tahun 2022 ini kasus Covid-19 sudah sangat turun,” ujarnya.

Wabup yang akrap disapa Pak Rahmadi ini memaparkan, dampak kasus Covid-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian hingga membuat pemerintah pusing tujuh keliling karena banyak anggaran yang dipangkas terutama anggaran pembangunan. Akibatnya, lanjutnya, pemerintah daerah terpaksa harus mengurangi volume, kuantitas, kualitas, bahkan menunda kegiatan.

Saking parahnya, pengurangan bahkan sampai terjadi terhadap kegiatan rutin di kantor-kantor. Untuk itu, kepada seluruh lapisan masyarakat, wabup mengajak, bersama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 benar-benar lenyap sehingga diharapkan sejak tahun 2022 perekonomian mulai pulih dan pembangunan bisa secara berangsur-angsur dilaksanakan.

“Untuk Anjir ini kalau tidak salah ada jalan rusak parah dari pal 6 menuju Jelapat yang rencananya akan diperbaiki, termasuk yang di Mekarsari dan pal 6 Tamban sampai ke daerah Tabunganen,” ucap Rahmadi. Pun demikian, pria yang juga menjabat Ketua PMI Batola ini menyatakan, pembangunan yang direncanakan kemungkinan tak bisa tancap gas namun bertahap mengingat situasi baru tahap pemulihan dengan ketersediaan anggaran yang juga terbatas.

Di kesempatan safari ini pula, wabup menerangkan, Ramadhan kali ini merupakan kesempatan terakhir melaksanakan safari bersama Bupati Hj Noormiliyani AS. Mengingat November 2022 nanti akan mengakhiri masa jabatan. Karenanya kepada seluruh lapisan masyarakat ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan serta kerjasama semuanya yang senantiasa membantu dalam menjalankan tugas dan amanah.

Rahmadi juga menyampaikan permohonan maaf jika selama menjabat terdapat ketidaksempurnaan selaku manusia biasa yang tentunya tak luput dari kesalahan dan kekurangan. “Ini tentunya menjadi pelajaran berharga bagi kami dan mudah-mudahan di masa akan datang dapat lebih memperbaiki lagi,” ucapnya sembari menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah Ramadhan serta ajakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Penceramah Al-Ustadz Hilmy Kasyful Anwar dalam tausyiah singkatnya mengingatkan tentang sejumlah keutamaan ibadah Ramadhan. Ia mengutarakan, bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang wajib dimuliakan dengan melaksanakan segala bentuk ibadah baik wajib maupun sunat melalui imbalan pahala yang berlipat-lipat pula. Seluruh kaum muslimin dan muslimat diajurkan memanfaatkan kesempatan Ramadhan dengan memaksimalkan segala amal ibadah agar derajat yang diraih lebih meningkat serta dapat menghapuskan dosa-dosa.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan