infobanua.co.id
Beranda BANJAR Wabup Banjar Sidak Pasar Batuah Pastikan Sembako Aman

Wabup Banjar Sidak Pasar Batuah Pastikan Sembako Aman

Martapura, infobanua.co.id– Untuk pastikan ketersidiaan sembako, barang penting lainnya, Wakil Bupati (Wabup) Banjar Habib Idrus Al Habsyie lakukan inspeksi mendadak (Sidak), di Pasar Bauntung Batuah Martapura, Kamis (7/4/2022) pagi.

Hasilnya, secara umum harga sejumlah bahan pokok dan bahan penting lainnya masih stabil dan stok tersedia selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, masih aman terkendali.

Namun, daging sapi, ayam potong dan ikan asin yang mengalami kenaikan Rp5 ribu daricharga biasa. Minyak goreng 1 liter yang masih di harga 24 ribu rupiah, sedangkan bawang merah dan bawang putih harganya menurun.

“Alhamdulillah untuk Pasar Batuah ini ketersediaan bahan pokok dan komoditi lainnya aman terkendali hingga hari raya Idul Fitri nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Dadi Esa Cipta, selaku Deputy Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Kalsel, menanggapi kenaikan harga, berharap masyarakat bisa lebih bijak dalam berbelanja sehingga bisa mengendalikan permintaan pasar dan harga bisa kembali stabil.

Salah satu tugas dari TPID mencakup 4 K, yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, komunikasi efektif dan kelancaran distribusi.

“Kita tadi lihat dari monitoring yang dilakukan ketersediaan bahan pokok masih aman terkendali. Sedangkan untuk kelancaran distribusi bahan pokok difokuskan ke bongkar muat pelabuhan, sehingga nanti distribusi barang ke pedagang pasar bisa lebih lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam mengantisipasi lonjakan dan menekan harga kebutuhan pokok, Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati, akan menggelar pasar murah di 20 kecamatan se Kabupaten Banjar. Warga bisa datang dengan membeli bahan kebutuhan pokok dan barang lainnya dengan harga terjangkau.

“Pasar murah akan lebih di fokuskan pada penjualan minyak goreng, harga nya nanti sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan yakni sebesar Rp 14 ribu per liter,” jelasnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan