infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Dipersip Tanbu Berupaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Dipersip Tanbu Berupaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

BATULICIN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu Yulia Rahmadani mengajak kepada masyarakat untuk terus gemar membaca dan menambah ilmu pengetahuan.

“Hal ini bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Bersujud, kerena
itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu (Dispersip Tanbu) terus mengembangkan program-progam yang berorientasi akan hal tersebut.”kata Yulia Ramadhani. Selasa (12/04/2022) diruang kerjanya.

Sementara itu,Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca (P2KM) Taryono, menggemborkan langkah Dispersip Tanbu pada tahun 2022 ini.

Beberapa program unggulan yang dicanangkan oleh Dispersip Tanbu seperti melalui program perpustakaan berbasis inklusi sosial dan program peningkatan budaya bahasa dan literasi pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan khusus serta masyarakat.

Lanjutnya, untuk program perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, Dispersip berharap membangun budaya sosial kemasyarakatan yang melekat di perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan secara umum tidak hanya sebatas sebagai tempat membaca.

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat dengan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Jadi pada dasarnya perpustakaan berbasis inklusi sosial ini contohnya perpustakaan yang ada di desa bisa melaksanakan sebuah kegiatan di perpustakaan itu tidak mutlak untuk membaca tapi bisa untuk sebuah kegiatan tersendiri,” terangnya.

Kemudian, terkait peningkatan budaya baca literasi pada satuan pendidikan dasar dan menengah khusus bermasyarakat, Dispersip Tanbu juga menggelar kegiatan berupa story telling atau mendongeng dengan menyasar kepada anak-anak usia dini di TK dan PAUD.(. )

Bagikan:

Iklan