DPMD Tala Gelar Rapat Koordinasi Tim Pembina Badan Usaha Milik Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar Rapat Koordinasi Tim Pembina Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tala Tahun 2022 bertempat di Gedung Sarantang Saruntung, Kamis (14/4/2022).

Pelaihari , infobanua.co.id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar Rapat Koordinasi Tim Pembina Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tala Tahun 2022 bertempat di Gedung Sarantang Saruntung, Kamis (14/4/2022).

Bupati Tala yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Tala Dr. H. Akhmad Hairin menyampaikan kegiatan ini adalah momentum untuk membangun sinergi dan menyamakan persepsi antara pemerintah daerah, desa, pihak swasta dan lembaga terkait dalam pengembangan BUMDesa agar dapat memberi manfaat bagi desa. Sudah ada beberapa BUMDesa yang sukses seperti Karya Putra Pribumi, Berkah Mulia, Maju Bersama dan lainnya.

“Berharap, disetiap desa memiliki BUMDesa. peluangnya sangat banyak. Misalkan Liquefied Petroleum Gas (LPG), kalo itu ditangani oleh desa, LPG tidak lagi sulit didapat, karena komoditinya sudah diatur, dan keuntungannya sudah pasti, dan pemerintah dapat mendistribusikannya tepat pada sasaran. Atau juga solar di daerah pesisir, jika ditangani oleh BUMDesa juga besar potensinya, sama halnya pupuk untuk pertanian juga sangat menguntungkan,” kata Hairin.

Ia juga turut menyampaikan agar SKPD terkait dapat membangun hubungan kepada setiap BUMDesa sesuai potensi masing-masing.

“Pemerintah berharap kita dapat mendampingi ini sampai selesai, sampai BUMDesa ini bisa jalan berkembang, syukur bisa maju dan bisa membiayai kegiatan di desa. Sektor pertanian misalnya, pupuk seperti apa yang digunakan, bibitnya, obat-obatnya, Itu bisa ditangani oleh kawan di BUMDesa,” pungkas Hairin.

Rin/IB

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts