Mantapkan Program Kerja, Paman Birin Buka Rakerda dan Sidparda Pramuka Tahun 2022

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka rapat kerja daerah (Rakerda) dan Sidang Paripurna Daerah (Sidparda) Kalsel 2022 Kwartir Gerakan Pramuka Kalsel, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (16/4/2022).

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka rapat kerja daerah (Rakerda) dan Sidang Paripurna Daerah (Sidparda) Kalsel 2022 Kwartir Gerakan Pramuka Kalsel, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (16/4/2022).

Gubernur sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel itu, juga menyerahkan paket bantuan kepada peserta.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel, Hj Raudatul Jannah mengatakan, Rakerda dan Sidparda bertujuan mengkoordinasikan program, inovasi antar-kwarda dan kwarcab di Kalsel, sehingga akan mengangkat eksistensi gerakan pramuka dan kiprahnya akan dirasakan masyarakat luas.

Kegiatan ini lanjutnya, merupakan agenda tahunan dan mementum untuk menyatukan gerak langkah mulai tingkat nasional, daerah, seluruh kwarcab dan jajarannya.

Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel diharapkan kedepannya bisa bergerak lebih leluasa seiring mulai melandainya kasus Covid-19 di tanah air.

Gerakan pramuka juga diharapkan untuk terus meningkatkan peran aktif dan andil dalam pembentukan karakter mendidik anak bangsa, sehingga menjadi generasi penerus sesuai harapan.

Dikatakan Raudatul Jannah lagi, menjadi peran bersama, sebagai orang dewasa untuk mendampingi anak didik agar menjadi generasi handal, tangguh dan berkualitas sangatlah diperlukan demi tercapainya tujuan pembangunan.

Lanjut Raudatul Jannah, generasi muda Kalsel yang tergabung dalam Gerakan Pramuka harus melakukan aksi nyata dan berperan aktif dalam pembangunan, dan penciptaan lapangan kerja.

Terakhir, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Kalsel yang juga selaku Kamabida Gerakan Pramuka Kalsel.

“Terima kasih kepada Ka Haji Sahbirin Noor yang banyak memberikan arahan, dukungan, dan support anggaran, sehingg eksistensi gerakan Pramuka di Kalsel sangat signifikan kemajuanya dan perannya dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, gubernur mengapresiasi terlaksananya Rakerda dan Sidparda Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel yang diselanggarakan 15 – 16 Maret 2022 ini.

Menurutnya, sebagai bukti, bahwa organisasi Gerakan Pramuka di Kalsel terus bergulir dan bergerak maju untuk memantapkan sinergitas organisasi dan membangun kebersamaan dan gerakan kepanduan yang berkualitas.

Dikatakan, dalam dua tahun terakhir, dialami keterbatasan aktivitas karena pandemi Covid-19, tak terkecuali kegiatan kepanduan di daerah.

Seiring kondisi kasus Covid-19 mulai melandai, kondisi ini harus direspon dengan melaksanakan kembali gerakan kepramukaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rakerda dan Siparda juga bagian dari upaya Gerakan Pramuka di Kalsel untuk bangkit secara nyata, cepat dan bijak.

“Membuka ruang diskusi, konsolidasi, dan koordinasi agar Gerakan Pramuka lebih bermutu lagi,” ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor.

Rel/IB

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts