infobanua.co.id
Beranda TAPIN Karang Taruna Pembina Budi Perintis Raya Tapin Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1443 H

Karang Taruna Pembina Budi Perintis Raya Tapin Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1443 H

TAPIN, INFOBANUA.CO.ID – Karang Taruna Pembina Budi Desa Perintis Raya menyelenggarakan lomba di malam Nuzulul Qur’an dan meminta Bupati Tapin HM.Arifin Arpan sebagai Abah hadir membuka acara yang diikuti warga sekitar tempat tinggalnya di Desa Lumbu Raya dan Perintis Raya, Rantau, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin. Sabtu (16/4) malam, bertempat di Masjid Darul Aman Perintis Raya Rantau.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi umat Islam di seluruh dunia. Bertepatan itu pula suatu peristiwa penting tercatat abadi seperti Nuzulul Qur’an terjadi, Saat itu Allah.SWT menurunkan WahyuNya pertama kali berupa Al-Qur’an diturunkan ke bumi melalui Nabi Muhammad SAW.

Hampir setiap tahunnya, warga Perintis Raya memperingati Malam Nuzulul Qur’an sebagai bukti diri mereka umat Rasulullah yang taat kepada Allah dan Rasulnya dan Cinta Al-Qur’an karena Allah sesuai tema yang diusung yaitu dengan semarak Nuzulul Qur’an mari kita wujudkan generasi muda yang cinta Al-Qur’an berakhlak dan bermoral di era teknologi.

Karang Taruna Pembina Budi Desa Perintis Raya menyelenggarakan kegiatan lomba di malam Nuzulul Qur’an selama tiga hari 16- 18 April 2022. Lomba terdiri dari Tartil Al Qur’an, Adzan, Busana Islami hingga Mewarna Gambar.Ajang perlombaan ini ternyata banyak diikuti anak-anak yang nampak senang mendapatkan perhatian langsung dari Bupati Tapin sebagai Abah yang baik, bersedia membuka acara dan mendampingi mereka lomba dari awal hingga akhir acara.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Bagian Kesra Pemkab Tapin Zahidi Haitami SH, Ketua PMI Tapin H.Dedy Arief Budiman, SE, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapin Murtoyo, Kepala Desa Perintis Raya M.Syarifudin Noor, dan tokoh masyarakat dan alim ulama.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan dalam sambutannya menyambut baik kegiatan keagamaan di kampung ini. Dimana cukup banyak pesertanya terdiri anak-anak mengikuti, dan beliau berjanji apabila lancar dan baik kegiatan ini besok akan ditambahi lagi bantuan dana untuk kegiatan keagamaan seperti ini.

“Kabag Kesra membantu untuk kegiatan keagamaan Nuzulul Qur’an ini dana sekitar Rp.17 juta,”katanya.

Namun lebih penting, lanjut dikatakan Bupati, kegiatan keagamaan di kampung kita tetap dilaksanakan dari mulai Tadarus Al Qur’an dan Anak Mudanya terbukti pada Ramadhan 1443 H ini telah menyelenggarakan kegiatan keagamaan seperti ini. Dan kedepan kegiatan seperti ini semoga terus dilaksanakan Karang Taruna dalam rangka kita mempersiapkan kaum milineal di daerah kita bisa aktif dan inovatif dalam berkarya.

“Kaum milineal ini kedepan harus kita buktikan baik pendidikannya, kualitas pendidikannya hingga kemampuan dirinya dengan harapan kalau sudah dewasa mereka bisa mandiri,”katanya.

Diharapkan anak-anak kita bisa lebih baik kedepannya dan perlu kita bantu juga, terutama bantuan dari orang tuanya untuk ikut membimbing anaknya agar mengikuti kegiatan keagamaan seperti ini dan mereka bertemu, berkumpul, dan memiliki banyak teman dalam sebuah majelis ilmu.

Dikonfirmasi Infobanua peringatan Nuzulul Qur’an di tingkat Kabupaten apakah dilaksanakan juga ramadhan tahun ini, seperti Nuzulul Qur’an malam ini.

Dikatakan Bupati, Sementara Nuzulul Qur’an di tingkat Kabupaten tidak bisa kita laksanakan dulu tahun ini. Dari 13 Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan belum berani menampilkan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

“Sementara kita menunggu dulu arahan dari Pemerintah Pusat. Dan kalau besok kita bisa menampilkan orang banyak, sementara kita saat ini untuk buka puasa bersama masih belum bisa safari Ramadhan,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan