Para pegiat alam terbuka lakukan kemping sambil berbagi santunan

Cianjur.Infobanua.co.id – Bulan Puasa tentunya tak menyurutkan niat dari para pegiat alam terbuka untuk mendaki, namun kali ini para pendaki justru melakukan pendakian sembari memberikan santunan.

Para penggiat alam terbuka, pendaki gunung dan relawan lintas kemunitas dari berbagai daerah seperti Cianjur, Bogor, Sukabumi, Jakarta dan sekitarnya. Melakukan Kemping di bulan puasa sambil berbagi kepada puluhan anak yatim di Kampung Gunung Puteri, Desa Sukatani Kecamatan Pacet, Cianjur, Minggu (17/4/2022).

ketua pelaksana kegiatan menyampaikan, Kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahunya di bulan Ramadhan, namun beberapa tahun ke belakang karena situasi pandemi Covid 19 sehingga kegiatan sempat tertunda.

“Sebelumnya memang kami tidak bisa melangsukan kegiatan seperti ini, namun karena sekarang sudah bisa dan tetap memakai protokol kesehatan, Alhamdulillah tahun ini kami bisa melangsungkan kegiatan,” ujar Ijal.

Ia menuturkan, Kegiatan Kemping sambil berbagi di bulan ramadhan ini dengan nama “Charity Camp” selain berbagi kepada anak Yatim, ada beberapa rangkaian kegiatan seperti mendongeng untuk anak, bagi pakaian dan mainan, sementara lain para panitia dan peserta melaksanakan buka bersama.

“Kami juga melaksanakan Shalat Tarawih bersama dan sahur bersama di alam terbuka Camping Ground Puspa Lestari Kawasan Gunung Gede Pangrango,” ujarnya.

Ia menambahkan, Kegiatan ini atas kerjasama lintas komunitas seperti Yosbray Sadulur, Relawan Indonesia Pembela Alam ( RIMBA), Komunitas Atlet Siduru, Puspa Lestari dan BW Taklim serta di dukung oleh berbagai pelaku ekonomi kreatif muda dari berbagai darah.

Sementara, ketua Relawan Indonesia Pembela Alam, Eko Wiwid menambahkan bahwa kegiatan ini bagian dari upaya membangunkan komunikasi lintas komunitas dalam menrespon kondisi alam dan sosial di sekitar.

“Selain menjalin silaturahmi, kegiatan ini bentuk tanggungjawab bersama para penggiat alam terbuka dan pendaki gunung untuk bisa berbagi kepada saudara-saudara kita di desa sekitar kawasan hutan yang belum ada kesempatan lebih baik,” ujar Wiwid.

Ia pun mengajak, kepada para pendaki agar tetap bersama-sama menjaga alam Khsusunya menjaga kawasan Gunung Gede Pangrango dengan baik.

“Jagalah bersama, jaga kebersihan, jaga segala rupanya agar tetap indah,” paparnya.

Sementara Ketua RT 03, Kampung Gunung Putri, Desa Sukatani, Jaenal Mutakin mengatakan, mewakili masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan di jalur pendakian Gunung Gede via Gunung Puteri mengucapkan terimakasih kepada para relwan yang sudah membantu.

“Saya selalu Ketua RT, mewakili para anak Yatim yang berada dilingkungan ke RT an yang saya pimpin, mengucapkan Terimakasih banyak buat para panitia penyelenggara dan para peserta kegiatan Kemping dan berbagi yang telah menyumbangkan hartanya buat anak-anak kami di kampung kami,” ujarnya.

Hasbi (Abi)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts