Dukung Kurikulum Merdeka, Ketua Komisi II Sebut PPU Sudah Siap

PENAJAM, Infobanua.co.id – Seperti diketahui, pemerintah akan menerapkan kurikulum Merdeka dimana akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah, seperti halnya juga Sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan segera menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran mendatang 2022/2023.

Pada prinsipnya, kurikulum merdeka ini adalah merdeka dalam proses belajar mengajar, dimana nantinya sekolah SMA tidak akan ada lagi jurusan atau peminatan seperti IPA, IPS atau Bahasa.

Lebih kepada peningkatan minat bakat siswa dalam membentuk sebuah karakter melalui kurikulum yang digagas ini.

Demikian pula, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU sangat mendukung rencana tersebut, mengganti kurikulum protipe menjadi menjadi kurikulum merdeka pada tahun ajaran mendatang.

” Mereka (Guru dan Siswa) sudah menggunakan kurikulum merdeka belajar. Jadi di Kabupaten PPU sudah siap. Karena telah memiliki guru penggerak yang cukup banyak,” ungkap wakidi Senin, (18/4/2022).

Menurut wakidi, kesiapan guru dalam proses belajar mengajar di PPU ini bukan hal yang baru. Lantaran beberapa guru penggerak cukup banyak hal ini pun secara perlahan telah diterapkan sebelumnya.

” Kabupaten PPU termasuk tinggi ya untuk guru penggeraknya, dan Konsep ini sudah dilakukan sejak tahun lalu hanya saja kondisi pandemi yang belum usai,” ungkap Wakidi.

Untuk diketahui, bahwa saat ini di Kabupaten PPU telah memiliki sebanyak 63 Guru Penggerak dan 12 Sekolah Penggerak.

Selain itu dengan menerapkan kurikulum merdeka ini, akan meringankan beban guru, disederhanakannya rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), menciptakan pembelajaran lebih nyaman, bebas berekspresi, meningkatkan kompetensi guru, kemerdekaan guru, kemudian tidak menuntut siswa menjadi sama, mendukung Inovasi guru untuk mengajar dan penghapusan UN.

(ADV)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts
Read More

Wacana Enam DOB di Kaltim

SAMARINDA – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim HM Jauhar Efendi menerima kunjungan Forum Koordinasi Daerah…