Lahirkan Banyak Pemuka Agama,Mesjid Agung Cianjur Ternyata Juga Pernah Mendapatkan Penghargaan Arsitek Terbaik di Jawa Barat

Cianjur.Infobanua.co.id – Masjid Agung Cianjur yang terletak di Jantung Kota Kabupaten Cianjur, tepatnya di Jalan Siti Jenab, Kelurahan Pamoyanan, Cianjur, saat ini menjadi Kebanggaan dan Ikon bagi Masyarakat Kabupaten Cianjur.

Dengan Bangunan yang megah, ditambah Masjid Agung Cianjur ini pernah mendapatkan Penghargaan arsitek Terbaik di Jawa Barat, Masjid yang memiliki Nilai Filosofis yang konon katanya dibangun pada tahun 1810 Masehi. Yang tercatat dalam buku “Sejarah Singkat Masjid Agung Cianjur dari masaa ke massa.

Masjid Agung Cianjur mulai didirikan kira-kira pada tahun tahun 1810 M, oleh Masyarakat Cianjur yang tidak tercatat nama-namanya, dan pada tahun 1820 M, dilakukan perbaikan dan perluasan sekitar 20 m2 dan panjang 20 m2 oleh Penghulu Gede (R. H. Muhammad Hoesein Bin Syekh Abdullah Rifa’i, Penghulu Agung Pertama).

Masjid Agung Cianjur disamping sebagai sarana Peribadatan, juga dapat memberikan ketentraman dan Ketenangan lahir bathin bahi para jemaahnya yang melaksanakan Ibadah, sekaligus akan berfungsi sebagai sarana Komunikasi Media dan Da’wah bagi kaum Muslimin.

“Dari Masjid Agung inilah, sejak jaman dahulu, Cianjur banyak melahirkan Pemuka-pemuka Agama Islam, karena selain sebagai pusat keagamaan, pusat amaliah ibadah, dilain pihak juga sebagai jama’ah atau masyarakat untuk dilakukan sebagai pusat Pembinaan Ummat, untuk meningkatkan Akhlak dan Budi luhur, serta meningkatkan kesadaran dan Kecerdasan Ummat,” ujar Pengurus DKM Masjid Agung Cianjur, dan juga tokoh Sejarah Masjid Agung, Ending Bahrudin, ditemui di Sekretariat DKM Masjid Agung, Selasa (12/4/2022).

Ending menuturkan, Masjid Agung Cianjur sudah mendapatkan hingga 7 kali pemugaran. Ciri khas awal yang terlihat yakni dari menara yang ada di atas bangunan membentuk kerucut atau dalam bahasa Sunda disebut “Nyungcut”.

“Sudah dilakukan beberapa kali pemugaran, awal keberadaannya sampai sekarang, direnovasi dan pemugaran total, serta dibangun kembali masjid Agung Cianjur yang baru dan besar memiliki khas tersendiri sesuai dengan Sejarahnya,” kata Ending.

Hasbi (Abi)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts