Marabahan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) berencana mengembangkan Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan melakukan revitalisasi terhadap gedung yang ada di Jalan AES Nasution, Marabahan. Saat ini prosesnya memasuki tahap persiapan pengerjaan dan dijadwalkan April – Agustus serta kisaran September – Oktober dilakukan Soft Lauching dan uji coba hingga diresmikan Men-PANRB sebelum berakhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Hj Noormiliyani AS dan H Rahmadian Noor, 4 November 2022 mendatang.
Untuk kesempurnaan pelaksanaan berbagai langkah telah dilakukan Tim Satuan Tugas Pelayanan Publik (Satgas Yanlik) MPP Batola, termasuk mengadakan Forum Kosultasi Publik (FKP) yang melibatkan Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, para asosiasi pengusaha, dan media massa, Senin (18/04/2022). FKP MPP yang diselenggarakan di Aula Bahalap Setdakab Batola ini juga diikuti Wakil Bupati H Rahmadian Noor selaku Ketua Satgas Yanlik Batola dan Sekda H Zulkipli Yadi Noor selaku Wakil Ketua beserta seluruh pengurus.
Dalam pembicaraan direncanakan pembangunan MPP yang memiliki luas 700 meter persegi itu didesaign mengakomodir kearifan lokal dengan menyertakan motif purun tikus dan sasirangan lengkap berbagai fasilitas pendukung seperti ruang laktasi, disabilitas, mushala, kantin, antrian online, pojok baca, play ground, pojok UMKM, hingga balai nikah.
Bupati Batola Hj Noormiliyani AS saat membuka kegiatan menyatakan, FKP ini sangat penting untuk menyerap masukan dan perhatian dari berbagai aspek dalam mewujudkan MPP yang benar-benar baik untuk masyarakat Batola. “FKP hari ini merupakan upaya konkrit untuk mengumpulkan berbagai inspirasi, aspirasi, dan masukan berharga untuk pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas sehingga akan diperoleh pemahaman solusi antara penyelenggara pelayanan dengan masyarakat yang tentunya dengan kebijakan-kebijakan yang efiktif dalam peningkatan kualitas terhadap pelayanan publik,” tukasnya.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini juga menyatakan, forum ini sangat penting karena sesuai dengan visi RPJMD menetapkan pemerintahan yang terbuka dan melayani serta Renja RKPD 2021 dan 2022. Di samping itu, lanjutnya, forum ini juga dapat menjadi media semua pihak untuk memperkuat komitmen baik dalam rangka mensinergikan segenap fungsi dan peran maupun memberikan pelayanan yang mudah, murah, dan terintegrasi sehingga tujuan untuk menumbuhkan industri mikro dan kecil, mengintegrasikan pelayanan pada satu tempat, serta menumbuhkan minat investor dapat terwujud dengan baik.
Forum konsultasi sendiri diawali pemaparan secara lugas dari Ketua Satgas Yanlik Batola, H Rahmadian Noor dan dilanjutkan diskusi bersama. Beberapa masukan yang dapat dibukukan diantaranya dari tokoh masyarakat, Supriyono. Ia mengharapkan, pelayanan hendaknya tidak hanya baik secara teknis namun juga pada SDM yang dikerahkan seperti bersikap ramah dan lugas. Sehingga warga yang pulang setelah berurusan membawa kesan yang baik serta sesuai SOP yang diterapkan.
Mantan Sekdakab Batola itu juga meminta hal-hal kecil seperti menempel stiker pemberitahuan jangan sembarangan, termasuk manajemen kabel, hingga terkesan semrawut hendaknya dapat menjadi perhatian. Keberadaan lahan MPP yang minimalis, pungkasnya, hendaknya menjadi perhatian untuk kenyamanan pengunjung termasuk keberadaan parkir gratis yang sejalan dengan pelayanan yaitu murah, cepat, dan efisien.
Nang/IB
Banjarmasin, 23 Desember 2024 – Setelah melalui beberapa tahap seleksi, akhirnya final Inspiration Day Telkomsel…
Jakarta – Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar acara "Expose Produk Inovasi Unggulan FST…
Jakarta, 23-Des-2024 – VRITIMES, platform distribusi siaran pers terpercaya di Asia Tenggara, dengan bangga mengumumkan…
Jakarta, 19 Desember 2024 – Mengubah pola pikir dan kebiasaan terhadap uang sering kali menjadi…
Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, dan kenyamanan saat berolahraga sangat mempengaruhi performa…
Jakarta, 01 Januari 2025 – VRITIMES, platform media berbasis digital yang terus berkembang, secara resmi…