Nama Mardani H Maming Trending Topik Diduga Dilakukan Menggunakan Akun-Akun Robot

Jakarta – Sejak bergulirnya kasus suap Izin Usaha Tambang (IUP) yang menyeret nama mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu, Raden Dwidjono nama mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming juga ikut terseret.

Meski berstatus sebagai saksi dalam sidang tipikor yang dijalani Raden Dwidjono, sejumlah tudingan juga diarahkan kepada Mardani H Maming.

Terakhir tudingan ikut terlibat dalam kasus tersebut dan mangkir dari sidang dilontarkan oleh pihak Raden Dwidjono.

Hal tersebut dibantah secara keras oleh Mardani H Maming melalui kuasa hukumnya Irfan Idham pada sidang di pengadilan tipikor Banjarmasin.

“Perlu diketahui publik bahwa Mardani sama sekali tidak mengetahui apalagi menerima aliran dana dari dugaan gratifikasi terdakwa,” ujar Irfan Idham seperti diberitakan harianhaluan.com, Selasa (19/4/2022).

Selain tudingan tersebut, sejumlah tagar pun didengungkan oleh beberapa akun melalui media sosial twitter pada 18 April 2022 lalu.

Tagar terbaru yang muncul di twitter terkait Mardani H Maming adalah #PanggilPaksaMardani. Tagar ini diduga lantaran ketidakhadiran bendahara PBNU tersebut beberapa kali dalam persidangan.

Melalui analisa tim Haluan Creative yang bergerak di industri Social Media Management, ada kecurigaan bahwa tagar-tagar terkait Mardani H Maming diposting oleh akun-akun robot.

Tim Haluan Creative memperlihatkan kepada kami tangkapan layar sejumlah akun yang melontarkan tagar #PanggilPaksaMardani.

“Dari akun-akun tersebut jika ditelisik lebih jauh, tampak ini adalah akun-akun yang baru saja dibuat. Bahkan sebagian besar tidak ada followersnya,” terang Ricky salah satu tim analis Haluan Creative.

Bahkan Ricky menerangkan, cukup mudah mengenali bahwa akun-akun tersebut adalah ‘bot’ atau robot yang dikerahkan yaitu melalui twit yang cenderung seragam.

“Kita bisa lihat juga twit-twit yang dilontarkan oleh akun-akun bot ini cenderung seragam, bahkan sama persis antara satu akun dengan yang lainnya,” terang Ricky.

Menurut Ricky, penggunaan akun robot dengan berbagai tujuan di twitter memang jamak dilakukan. Mulai dari promosi hingga kampanye.

Sementara itu Mardani H Maming sendiri belum memberikan tanggapannya mengenai tagar-tagar mengenai dirinya yang muncul melalui twitter.

rel/ang

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts