Rumah Kemasan bagi Pelaku UMKM Diapreasiasi DPRD Kota Banjarbaru

BANJARBARU – Pemberdayaan pelaku usaha kecil di Kota Banjarbaru dengan dibangunnya Rumah Kemasan mendapat apresiasi kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah saat menghadiri peresmian Rumah Kemasan di Kota Banjarbaru, Selasa (19/4/2022).

“Kita apresiasi pemerintah kota Banjarbaru dalam hal ini melakukan terobosan dalam pembuatan Rumah Kemasan melalui Dinas Perdagangan,” Ucapnya Ketua DPRD Banjarbaru

Ia melanjutkan Rumah Kemasan ini sangat berguna untuk meningkatkan mutu produksi industri menjadi lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. “Kita ketahui bersama bahwa kemasan memiliki arti penting dan strategis dalam menarik minat konsumen untuk mendekat melihat menyentuh sampai membeli produk,” ucapnya.

Ia menambahkan Rumah Kemasan ini menjadi pengembang dan mempermudahkan UMKM dari produk kemasan bisa menimbulkan UMKM baru dan juga ada pelatihan terkait UMKM supaya bisa berkembang.

“Ada inovasi dalam mengangkat kualitas produk juga meangkat harga dari kemasan produknya dan menimbulkan produk UMKM baru di Banjarbaru,” kata Fadlianysah.

“Rumah kemasan ini harus di maanfatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan UMKM di Kabupaten Kotabaru. Semoga UMKM di Kota Banjarbaru bisa bersaing dengan daerah lain,” harapnya.

Rumah Kemasan Sebagai Pusat Industri UMKM

Tepat di hari jadi ke- 23 Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarbaru meresmikan “Rumah Kemasan” yang tepat berada di Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara, Selasa (19/4/2022).

Rumah kemasan ini merupakan sentral bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Banjarbaru. Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengatakan Rumah Kemasan bertujuan untuk meningkatkan mutu produk Industri UMKM untuk menjadi lebih menarik dan sesuai kebutuhan pasar.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Rumah Kemasan Kota Banjarbaru. Harapan kami dengan adanya Rumah Kemasan ini bisa membantu produksi dari kawan-kawan kita dari para pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Menurutnya kemasan produk UMKM adalah salah satu hal yang sangat penting. Ada barang yang biasa-biasa saja dengan packing yang bagus dan nyaman dilihat, membuat pembeli tertarik untuk membeli.

Bahkan ada produk yang biasa-biasa saja di packaging dengan bagus, maka harga jualnya akan lebih tinggi. “Makanya penting packaging sebagai salah satu item yang harus kita penuhi untuk membantu kawan-kawan UMKM,“ terang Aditya.

Ditambahkanya juga, bawah Rumah Kemasan terbuka untuk siapapun yang ingin mengembangkan usahanya dengan cara yang baik. “Mudahan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga rumah kemasan ini bermanfaat untuk masyarakat Kota Banjarbaru.

Intinya rumah kemasan ini melayani UMKM yang ada di Kota Banjarbaru untuk mengemas produknya sehingga dapat meningkatkan nilai jual,” jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan kota Banjarbaru, Abdul Basid mengatakan Rumah kemasan ini sejatinya sudah tersedia semenjak dua tahun terakhir, namun peranannya belum terlihat lantaran terbatas penyediaan peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengoperasikan alat yang tersedia. Dan kini guna mengoptimalkan hasil UMKM agar semakin menarik pembeli, Pemko Banjarbaru menghidupkan  rumah kemasan.

“ Dengan demikian kedepannya bisa dengan adanya rumah kemasan yang membantu dalam membranding dari segi kemasan produk UKM Banjarbaru diharapkan bisa dipasarkan di minimarket dan sesuai dengan keinginan konsumen dengan kemasan yang menarik,” pungkasnya.

Selain meresmikan Rumah Kemasan, Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru juga memberikan sertifikat halal kepada 5 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). (advertorial)

 

 

 

(advertorial)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts