Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Ajak Warga Sedekah

KAJEN, infobanua.co.id – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE, MM mengajak warganya untuk bersedekah, terlebih pada bulan Ramadhan ini. Ajakan tersebut disampaikan bupati saat memberikan sambutan pada Peringatan Nuzulul Qurán di Masjid Al Muhtarom, Kajen, Selasa (19/4) malam.

“Bulan Ramadhan ini, marilah kita tingkatkan amal sedekah. Pertama perhatikan keluarga dekat-dekat kita dulu serta tetangga kita. Insya allah kalau kita shodaqoh, bukannya tambah miskin, tapi malah tambah kaya. Kita harus tingkatkan kepedulian,” ajak bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga berharap ekonomi Kabupaten Pekalongan segera membaik di tengah terkontrolnya pandemi Covid-19, “Insya Allah agar yang namanya pandemi Covid agar cepat berlalu, dan membaiklah Kabupaten Pekalongan ini. Ekonomi bisa membaik lagi,” ujar bupati.

Pemkab juga memberi stimulus meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjelang Lebaran, dengan menyiapkan sejumlah bantuan sosial atau Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sejumlah pihak. Bantuan tersebut antara lain untuk 300 hafidz/ hafidzoh sebesar Rp. 500 ribu, bantuan untuk 860 imam masjid sebesar Rp. 1 juta per orang, 860 marbot masjid sebesar Rp. 1 juta/ orang, dan bantuan untuk penjaga makam sebesar Rp. 300 ribu per orang dari masing-masing desa/kelurahan.

Bupati mengatakan bahwa dana tersebut telah disiapkan pemda, “Datanya sudah ada di kesra yang mengelola nama-namanya,” kata bupati.

Data penerima bantuan saat ini dalam tahap seleksi dan verifikasi oleh Bagian Kesra Setda, terutama untuk hafidz/hafidhoh dan penjaga makam. Sedangkan bantuan untuk imam masjid dan marbot, data penerima didasarkan pada masjid yang terdaftar di Kemenag sebagaimana dipublikasikan di website www.simas.kemenag.go.id

Dalam kegiatan tersebut bupati juga menyosialisasikan program-program unggulan pemkab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pekalongan. Program tersebut yaitu kesehatan gratis cukup pakai KTP, melahirkan gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemkab, bantuan bagi penunggu pasien, dan bantuan seragam sekolah bagi siswa SD dan SMP dari keluarga kurang mampu yang bersekolah di sekolah negeri.

Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen menghadirkan penceramah Habib Muhammad Syahab, dari Jakarta.

(Yanto)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts