infobanua.co.id
Beranda KALTARA Basnas BKPRMI BKMT RRI Nunukan Berkolaborasi Gelar Gebyar Ramadhan 1443 H.

Basnas BKPRMI BKMT RRI Nunukan Berkolaborasi Gelar Gebyar Ramadhan 1443 H.

Nunukan Kaltara Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Nunukan Muhammad Amin, SH menghadiri acara Pembukaan Gebyar Ramadhan 1443 H 2022 M dengan tema “Dengan Semarak Ramadhan Kokohkan Eksistensi Ummat Raih Keberkahan Wujudkan Ketakwaan”. Acara ini dilaksanakan dengan berkolaborasi antara BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Nunukan, RRI (Radio Republik Indonesia) Nunukan, BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Nunukan, dan BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Nunukan. Acara ini resmi dibuka oleh Bupati Nunukan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra di pelataran Halaman Kantor RRI Nunukan.

Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk lomba – lomba dengan kategori yang diperlombakan yaitu cabang Adzan dengan 27 peserta, Cerita Islami dengan 17 peserta, Marawis 9 grup, Robana 8 grup. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kab. Nunukan, ketua MUI Nunukan, Kepala kantor Kemenag Nunukan, unsur Forkopimda Kab. Nunukan, tokoh agama, serta para peserta lomba.

Muhammad Amin SH, dalam sambutan Bupati Nunukan menyampaikan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan Rahmat, keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Pada bulan ini, sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, terutama ibadah-ibadah sunnah, seperti membaca Al-quran, sedekah, dan berdzikir. Begitu banyak keistimewaan dan keutamaan yang dimiliki bulan ramadhan yang bisa dijadikan sarana untuk memperluas syiar Islam di tengah-tengah masyarakat.

” Oleh karena itu atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada LPP RRI Nunukan yang akan menggelar acara gebyar Ramadhan tahun 1443 H, 2022 M. Saya yakin, melalui gebyar Ramadhan ini LPP RRI Nunukan beserta segenap jajaran telah menyiapkan berbagai program acara yang menarik, berkualitas, dan up to date yang mampu menambah kualitas keimanan bagi para pendengarnya,” ucapnya.

Sesuai dengan tema gebyar Ramadhan tahun 2022 yaitu Kokohkan Eksistensi Umat Meraih Keberkahan Wujudkan Ketakwaan, Muhammad Amin percaya kegiatan ini akan menambah pemahaman umat terhadap nilai-nilai agama Islam. Dengan memperbanyak aktivitas bernilai ibadah seperti ini maka diharapkan momentum Ramadhan tahun ini tidak akan berlalu begitu saja tanpa memberi dampak positif bagi kehidupan rohani.

Lebih lanjut dikatakan bahwa acara ini juga melibatkan BAZNAS, BKPRMI, dan BKMT, tentunya ini adalah sebuah langkah kolaborasi yang baik yang telah digagas bersama untuk mengisi bulan Ramadan tahun ini dengan kegiatan yang positif dan dapat membangun iman.

” Saya berharap terobosan ini dapat terus dikembangkan dan dapat menjadi titik tolak untuk melahirkan berbagai event yang lebih baik, menginspirasi berbagai pihak serta membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi mengisi kegiatan positif ini di bulan suci Ramadhan. Semoga gebyar Ramadhan tahun 2022 mendapat sambutan yang luas dari masyarakat dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat Islam di Kabupaten Nunukan’, ujarnya.

Kepala kantor Kemenag Nunukan
H. Muhammad Ramli M, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa orang yang bertakwa biasanya orang yang senantiasa memanfaatkan waktunya segala kegiatan – kegiatan yang dia lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

” Oleh karena itu berbahagialah kita warga Nunukan, masyarakat Nunukan pada hari ini tentunya karena kita akan melaksanakan amalan-amalan kebaikan yakni sebagaimana kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini oleh BAZNAS, RRI beserta BKMT dan BKPRMI Kabupaten Nunukan. Kegiatan ini tentu kegiatan yang sangat luar biasa yang memberikan inspirasi, motivasi, dan inovasi di dalam rangka bagaimana menjadikan agama kita ini agama yang mudah, agama yang bisa dipahami dan diimplementasikan di dalam kehidupan kita sehari-hari” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan dakwah dan bernilai syiar di dalam rangka bagaimana nilai-nilai ajaran Islam ini diketahui dan diamalkan oleh umat Islam, menurut Muhammad Ramli kantor kementerian agama Kabupaten Nunukan sangat mengapresiasi kegiatan dan berharap semoga kegiatan ini senantiasa dapat dilaksanakan bersama dengan unsur-unsur atau pihak-pihak yang terkait.

” Kita harapkan semoga Kegiatan ini tidak hanya berjalan hari ini saja atau di bulan suci Ramadan saja, tetapi juga bisa dilaksanakan diluar bulan suci Ramadan karena tentu manfaatnya dampaknya sangat luar biasa dan sangat dirasakan oleh umat”, tambahnya.

Ketua BAZNAS Nunukan H. Zahri Fadli, A.Pd.I., M.Pd.i menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan satu usaha bersama, dan sesungguhnya untuk memberikan ruang bagi elemen masyarakat yang sebelumnya tahun lalu kita hanya mengakomodir generasi muda.

” Lomba marawis, tahun ini kita berusaha untuk bagaimana bisa lebih mengakomodir semua elemen masyarakat sehingga kami dari BAZNAS Kabupaten Nunukan mengajak ormas – ormas keagamaan yang ada di Kabupaten Nunukan sehingga kegiatan ini bisa lebih maksimal dan lebih meriah lagi”, tuturnya.

Dengan terselenggeranya lomba ini menurut H. Zahri Fadli BAZNAS semarak untuk keagamaan itu tumbuh di Kabupaten Nunukan.

” Itulah tujuan kami yang selama ini, tentu kita secara individual melaksanakan itu tetapi kita ingin yang sifatnya dimensinya lebih luas lagi maka kami mengajak semua. Mudah-mudahan ke depan ini bisa lebih kita kembangkan dan yang lebih Semarak lagi,” ujarnya. (Yuspal/Humas)

Bagikan:

Iklan