Marabahan – Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup  Batola) H Rahmadian Noor mengajak seluruh masyarakat di hari nan fitri untuk menggapai kesucian setelah sebulan menjalankan kewajiban ibadah puasa.

“Ramadhan telah berlalu, kewajiban berpuasa telah ditunaikan, pada hari ini kita menyambut hari kemenangan di bulan Syawal. Di bulan Ramadhan kita berlomba-lomba menebar kebaikan karenanya hendaknya semua itu terus dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya dengan istiqamah,” ajaknya, selepas Shalat Id di Masjid Agung Al-Anwar Marabahan, Senin (2/5/2022).

Menurut dia,  ketaqwaan muslim sejati bukan hanya dilihat saat bulan Ramadhan,  namun juga berlanjut di bulan setelah Ramadhan.

“Saat ini waktu yang membahagiakan dan terasa berbeda dengan hari raya tahun lalu dilaksanakan dengan berbagai pembatasan ditetapkan pemerintah,”ungkapnya.

Namun,  jelas dia, yang patut disyukuri karena pemerintah memberikan kelonggaran untuk melaksanakan ibadah serta memperbolehkan untuk mudik berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman.

“Kita menyadari pemerintah, pemimpin, masyarakat dan semua elemen tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan,” tuturnya.

Dia menambahkan, hikmah Idul Fitri bagaimana menguatkan bangunan tradisi agama dengan berjabat tangan, tulus ikhlas saling memaafkan, kembali ke fitrah, satukan hati, satukan niat dan satukan ikhtiar dan tekad.

Pada kesempatan Idul Fitri, sambung dia, Bupati dan Wakil Bupati Batola dari lubuk hati yang paling dalam dan atas nama pemerintah, keluarga, pribadi menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat atas kesalahan, kekhilafan dan kealpaan yang mungkin telah dilakukan selama memimpin.

Sementara itu, Khatib Muslim dalam khutbahnya menyatakan, Idul Fitri termasuk hari yang mulia dan diharamkan berpuasa, diberikan pahala yang berlipat ganda, dimerdekakan dari api neraka dan malaikan memintakan ampun bagi mereka yang melaksanakan shalat Id.

Bahkan, katanya, Nabi Muhammad SAW bersabda apabila orang-orang telah selesai berpuasa pada bulan Ramadhan lalu keluar menuju shalat hari raya maka Allah berfirman wahai malaikat-malaikat-Ku setiap beramal tentu mengharap, meminta pahalanya, dan sekarang hamba-hamba-Ku yang telah berpuasa sebulan dan keluar menuju shalat hari raya juga meminta pahala mereka, maka saksikanlah olehmu sekaligan bahwa Aku benar  telah mengampuni mereka.

Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Anwar Marabahan dimulai sekitar pukul 07.45 Wita. Bertindak selaku Imam HM Jabir dan Khatib Ustadz Muslim.

Pada Idul Fitri 1443 Hijriyah, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor dan Sekda Batola H Zulkipli Yadi Noor beserta masing-masing keluarga melaksanakan Shalat Id di Masjid Agung Al-Anwar Marabahan.