PENAJAM, Infobanua.co.id – Hujan deras yang terjadi di Desa Telemow Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur, ini memicu terjadinya tanah longsor, pasalnya material longsor tersebut menimpa salah satu rumah warga setempat Senin, (9/5/2022).

Parahnya, warga yang terdampak oleh longsor tersebut merupakan warga yang sedang mengidap penyakit struk. Sebagian rumah miliknya terdampak dari longsor tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Marjani menuturkan penyebab dan kronologis terjadinya longsor di wilayah tersebut.

“Hujan yang terjadi di wilayah Desa Telemow pada hari ini mulai sekitar pukul 14.00 wita dan berlangsung sekitar pukul 15.30 wita. Kemudian arakteristik tanah di sebagian besar Desa Telemow tersebut yang mudah longsor. Hal itulah yang memicu terjadinya pergerakan tanah di wilayah tersebut,” kata Marjani,

Lebih lanjutnya, penyebab bencana longsor yang terjadi di desa tersebut mengakibatkan siring selokan rumah warga RT 09 rusak dan siringan samping rumah warga RT 14 juga terdampak. Selain itu juga berpotensi berdampak pada tiga rumah yang dihuni oleh 10 jiwa dan satu rumah yang dihuni oleh 6 jiwa.

Adapun upaya tim gabungan yakni Pusdalops BPBD PPU langsung berkoordinasi dan melakukan update kondisi dengan DPKP Pos Maridan, bersama Bhabinkamtibmas setempat, serta perangkat Desa Telemow.

Pihaknya juga telah melakukan pemantauan awal di lokasi terhadap warga yang rumahnya terdampak dan belum ada warga yang dievakuasi.

” Kami telah memberikan imbauan kepada beberapa pemilik rumah yang sudah terdampak longsor maupun yang berpotensi agar berhati-hati dan waspada ketika terjadi hujan,” tandasnya. (ADV)

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *