Kenali Sejak Dini Gejala Hepatitis Akut Pada Anak

Buntok, infobanua.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Selatan, Kalimantan Tengah drg. Daryomo Sukiastomo mengatakan hepatitis akut adalah penyakit berbahaya maka dari itu dirinya menyarankan kenali gejalanya sejak dini.

“Saya masih belum bisa memberikan keterangan lengkap terkait dengan penyakit tersebut,” ucapnya kepada wartawan saat diwawancarai dikantornya, Jum’at (13/5/2022).

Karena, ia menjelaskan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) masih terus melakukan investigasi dan penelitian melalui pemeriksaan panel virus lengkap serta penyelidikan epidemiologi sebagai upaya untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari hepatitis akut misterius ini.

Ia menerangkan, hepatitis akut adalah kondisi peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, gangguan autoimun, bahan kimia, alkohol hingga kelainan genetik. Penyakit ini bisa hilang secara tiba-tiba (akut) atau bisa juga bersarang hingga jangka panjang yang memicu kerusakan hati (kronis).

“Meski demikian, ada beberapa gejala hepatitis akut pada anak yang bisa kita kenali yaitu diare, buang air berwarna teh tua, BAB berwarna pucat, penurunan kesadaran, kejang, muntah dan sakit perut serta tubuh menguning,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut ia gejala hepatitis akut yakni Demam, Feses berwarna pucat, Nafsu makan yang menurun, Lelah atau tidak enak badan, Mual dan muntah serta Nyeri di bagian kanan atas perut

“Tapi jangan panik tetap tenang dan berhati-hati, saya menganjurkan masyarakat lakukan tindakan pencegahan sejak dini seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, dan menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,”  kata pria yang biasa disapa dr. Yomi ini.

(Fansyah)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts