Siagakan Sarana Peralatan Antisipasi Bencana Pada Titik Lokasi Area Rawan Bencana

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Irianto

Medan,  infobanua.co.id –Menjelang libur panjang 14-16 Mei 2022 ini, Ditlantas Polda Sumut menyiagakan Anggota Personelnya bertugas di jalur lokasi area tempat wisata, lintas jalan area rawan bencana, dan antisipasi kemacetan bila terjadi peningkatan volume jumlah kepadatan kenderaan.

Guna antisipasi terjadinya kemacetan dan bencana alam, Dit Lantas Polda Sumut juga menyiagakan sarana peralatan antisipasi bencana, seperti Alat-alat Berat dan Truck Derek, untuk mempermudah, dan mempercepat proses evakuasi, apabila ada kendaraan rusak, dan terjadi musibah bencana longsor.

Tentang jalur lintas jalan di lokasi area tempat wisata yang kerap dilintasi para Pengendara, diprediksi bakal akan mengalami kepadatan jumlah volume kenderaan yang akan melintas, yakni Medan-Berastagi.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto mengatakan, lebih dini dipersiapkan dan penyiagaannya tetap standby, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah volume kendaraan yang diperkirakan akan meningkat pesat melintas dalam waktu dekat nanti.

Apalagi pada hari Sabtu, diperkirakan banyak masyarakat yang akan berlibur, karena unit perkantoran dan pemerintahan selalu libur kerja pada hari tersebut.

“Kita akan tetap potensikan standby di lokasi, dan jumlah Anggota Personil akan kita sesuaikan fungsi tugasnya dengan tingkat kerawanan yang ada. Mengenai sarana peralatan, seperti Alat-alat Berat maupun Truck Derek juga sudah kita siagakan di tempat lokasi yang sering terjadi rawan bencana,” ujarnya, Jumat (13/05/2022).

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Instansi terkait, agar antisipasi penanganan bencana dibutuhkan evakuasi yang cepat, seperti pihak PLN, bila ada tiang listrik tumbang seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di jalur lintas Medan-Berastagi, agar kedepan ini selalu dalam kondisi standby, dan cepat penanganannya.

“Kita juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Setempat, dan mengenai ketersediaan Alat-alat Berat maupun Truck Derek sudah kita kondisikan dan standby di tempat kawasan lokasi area rawan bencana,” jelasnya.

Dir Lantas Polda Sumut juga menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan waktu liburnya, agar selalu  waspada dan tetap berhati-hati, serta patuhi aturan lalu lintas yang ada.

“Kepada masyarakat yang hendak liburan selalulah waspada dan berhati-hati dalam perjalanannya. Kondisikan keadaan kenderaannya dalam keadaan baik. Begitu pula bila mengemudikan kenderaannya, perhatikan laju kenderaannya dengan situasi keadaan area lintas jalan yang hendak dilintasi, apalagi bila berada di kawasan lokasi area rawan bencana, agar lebih berhati-hati,” imbauannya.

(William/Red)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts