Untung Besar, Pembuatan Kolam Ikan Sebagai Peningkatan Budidaya Ikan Air Tawar

Salah satu warga, Nawir daeng lipung beralamat Dusun Biringbalang, Desa Tanabangka, Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa, kini berhasil merubah pola lahan non produktif menjadi lahan produktif dengan cara membuat kolam ikan sebagai Peningkatan Budidaya Ikan air tawar.

Gowa, infobanua.co.id – Bukti nyata telah dihasilkan oleh salah satu warga, Nawir daeng lipung beralamat Dusun Biringbalang, Desa Tanabangka, Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa, kini berhasil merubah pola lahan non produktif menjadi lahan produktif dengan cara membuat kolam ikan sebagai Peningkatan Budidaya Ikan air tawar.

Bentuk antusias masyarakat Desa Tanabangka, kini dilirik beberapa masyarakat sekitarnya, terlihat dari keberhasilan yang telah diraih oleh Nawir daeng lipung, adalah sebagai contoh utama membangun sebuah pekerjaan yakni pembuatan kolam ikan dijadikan sebagai peningkatan Budidaya ikan air tawar sekaligus penambahan penghasilan hidup sehari-harinya.

Menurut Nawir dg Lipung saat di konfirmasi, Sabtu,(14/05/22),kini peningkatan Budidaya ikannya sudah ada keberhasilan pada pengembangan pemeliharaan ikan yang dilakoni, sehingga menuai hasil cukup memuaskan dengan waktu tiga bulan saja.

Dulunya daeng Lipung panggilan akrabnya, sebelum merubah bentuk lahannya menjadi kolam ikan, hanya dapat panen padi sekali setahun saja, namun itu menjadi bahan pikir untuk mengalihkan lahannya yang tidak produktif menjadi produktif, sehingga merubah pola menjadi kolam ikan.

” Dulunya lahan saya, hanya menghasilkan padi sekali setahun saja, itupun hanya menunggu saat masuk musim hujan, tapi kini telah merubah pola menjadikan wadah kolam ikan, Ujarnya 14/05

Alhamdulillah, lanjutnya lagi, setelah saya rubah bentuk lahan jadi kolam ikan, kini sudah mendapatkan hasil panen memuaskan, sehingga dari sinilah saya memulainya serta mengembangkan lebih baik lagi, pada akhirnya sebagian masyarakat Desa Tanabangka juga tertarik lalu ingin pula melakukan pembuatan kolam ikan.

” Masyarakat sudah melihat bukti dari hasil pemeliharaan ikan yang telah terbentuk di lokasi saya, pemeliharaannya hanya kurang lebih tiga bulan dan itupun tidak terasa lama, jelas daeng lipung.

Ditempat terpisah, Syamsualam daeng ngago, juga warga Desa Tanabangka beralamat Dusun Renggang, ikut antusias dan mengapresiasi keberhasilan daeng Lipung, yang sudah mendapatkan penghasilan saat panen ikan, sehingga tertarik untuk merubah lahannya menjadi kolam ikan.

” Iya, setelah melihat keberhasilan daeng Lipung, akhirnya ikut tertarik membuat kolam ikan, karena hasil panen didapatkan itu, cukup lumayan sehingga menjadi penambahan penghasilan dikeluaga kami, semoga pemerintah Kabupaten Gowa, khususnya Dinas Perikanan ikut memberikan apresiasinya sekaligus membantu kami berupa bantuan bibit ikan untuk peningkatan Budidaya Ikan air tawar ” Harapnya mengakhiri.

( Syukur Jafar )

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts