infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Plt Bupati HSU Harap Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan

Plt Bupati HSU Harap Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan

Amuntai – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Husairi Abdi tekankan pentingnya sosok guru penggerak sebagai agen perubahan dalam persaingan dan perubahan zaman.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara langsung kegiatan festival panen hasil belajar guru penggerak lokakarya 7 angkatan 3 yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK) IPA di Hotel minosa resort, Sabtu (14/5/2022).

“Guru penggerak diharapkan mampu menjadi katalis perubahan pendidikan didaerahnya khususnya di HSU, berbagai cara bisa dilakukan, misalnya dengan menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru disekolah dan diwilayahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah dalam mendorong peningkatan kepemimpinan murid.” ucapnya Husairi.

Husairi menambahkan, guru penggerak sebagai salah satu program pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia agar dapat memberikan inovasi, inspiratif dan berorientasi pada tujuan dunia pendidikan yang merdeka belajar.

“Di era melek literasi digital saat ini, guru penggerak menjadi transformasi dunia digitalisasi diindonesia, menjadi pelopor revolusi mentar dan karakter sebagai seorang tauladan siswa untuk meraih mimpi dan angannya tanpa takut akan ketatnya persaingan dan kompetisi dimasa yang akan datang.” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU Jumadi yang diwakili kepala bidang pembinaan guru dan tenaga kependidikan Junaidi Gunawan menyampaikan, pada tahun 2022 sebanyak 18 peserta yang dinyatakan lulus dan mengikuti program guru penggerak.

“Yang nantinya 18 orang ini akan bersama-sama mengembangkan diri dengan refleksi, berbagi dan berkolaborasi secara mandiri dengan kematangan moral untuk berpilaku sesuai dengan kode etik, dan mampu merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang melibatkan orang tua dan komunitas pendidikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Junaidi mengharapkan kedepannya akan semakin banyak lagi para guru penggerak dalam rangka mendukung dan menunjang mutu pendidikan di HSU. (Diskominfo)

Bagikan:

Iklan