Penajam, infobanua.co.id – Untuk mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) langsung melakukan langkah-langkah pencegahan PMK terhadap hewan ternak di Benuo Taka.

Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan Distan PPU Arief Murdiyanto mengungkapkan pemerintah telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam mengantisipasi penyebaran wabah tersebut.

“Untuk mengantiasipasi penyebaran penyakit ini, kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Kaltim  Arief Murdiyatno, Rabu (18/5/2022).

Arief juga memastikan, penyebaran wabah PMK pada sapi ternak belum menyerang di wilayah Kalimantan Timur. Meski demikian pihaknya tengah melakukan langkah dan upaya dalam rangka mengantisipasi masuknya wabah PMK di PPU.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan balai Penyidikan dan pengujian Veteriner Regional V Banjarbaru untuk antisipasi pengiriman sapi dari Jawa timur,” ujarnya.

Untuk memastikan kondisi kesehatan sapi ternak, pihaknya telah melakukan surveilans atau pengecekan kesehatan terhadap sapi ternak yang ada PPU.

“Kami lakukan pengecekan kesehatan sapi ternak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan pedagang sapi,” bebernya. (ADV)

(Syahid Rahman)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *