infobanua.co.id
Beranda TAPIN Rumah Sakit Datu Sanggul Tapin Miliki Pelayanan CT Scan

Rumah Sakit Datu Sanggul Tapin Miliki Pelayanan CT Scan

RANTAU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul menambah lagi peralatannya. Kini, rumah saakit di Kota Rantau, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), itu memliki CT Scan.

Alat ini digunakan untuk prosedur pemeriksaan medis yang menggunakan kombinasi teknologi sinar-X dan sistem komputer khusus untuk menghasilkan gambar organ, tulang, dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Direktur RSUD Datu Sanggul, dr Milhan, mengatakan, dengan adanya CT Scan ini dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat daripada foto rontgen biasa. “Prosedur medis ini juga biasanya tidak memakan waktu lama dan tidak menimbulkan rasa sakit,” jelasnya, Jumat (15/7/2022).

Mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar ini cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. “CT Scan digunakan untuk memperoleh diagnosis kelainan otot, tulang dan sendi, menentukan lokasi dan ukuran tumor, menentukan lokasi infeksi dan bekuan darah, memandu prosedur medis seperti operasi, biopsi atau terapi radiasi,” urai dia. Selain itu, juga dapat mendeteksi dan memantau perkembangan kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker dan sakit jantung. rel

Bagikan:

Iklan