infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN STIA Bina Banua Lahirkan Mahasiswa yang Agamis, Professional, Unggul dan Kompetitif

STIA Bina Banua Lahirkan Mahasiswa yang Agamis, Professional, Unggul dan Kompetitif

BANJARMASIN – Guna meraih sukses suatu pekerjaan memerlukan proses tersendiri. Mahasiswa yang kurang memiliki pengalaman praktis dan tidak terbiasa mandiri dalam mengambil keputusan dan sulit mengekspresikan gagasannya. Bisa terhambat dan kesulitan menghadapi persaingan ketika mencari pekerjaan. Apalagi bila mahasiswa tersebut belum paham akan tujuan hidupnya dan lambat beradaptasi pada situasi yang baru.

“Kondisi ini menjadi tantangan bagi pengelola studi di perguruan tinggi, pemangku kepentingan yang merancang kurikulum dengan materi-materi kuliah untuk mempersiapkan mahasiswanya menghadapi dunia kerja, sasaran utama dan proses pembelajarannya adalah nilai akhir yang dicapai mahasiswa,” ujar Cici Asmawatiy SE, MIP, CNMP, Wakil Ketua II Bidang Keuangan, Personalia, Administrasi Umum dan Rumah Tangga Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Banjarmasin, Jumat (9/9/2022.

Kata Cici, STIA Bina Banua ingin lulusannya menjadi mahasiswa yang professional, memiliki skill mumpuni, berkarakter, ber attitude. “STIA Bina Banua memberikan personal grooming kepada mahasiswanya. Personal grooming perlu ditanamkan kepada mahasiswa — adalah cara kita berpakaian yang sesuai sama tempat kita kerja nantinya di dunia professional,” ujarnya.

Menurut Cici, selain personal grooming mahasiswa STIA Bina Banua juga diasah personal branding dan personal value. “Lulusan STIA Bina Banua diharapkan menjadi mahasiswa yang berjiwa pantang menyerah, agamis, professional, unggul dan kompetitif,” paparnya.

STIA Bina Banua lanjut Cici, terus melakukan kreasi dan inovasi dalam memberikan tehnik pengajarannya. Seperti menggelar kuliah umum siaran langsung lewat televisi TVRI Banjarnasin dengan menghadirkan dosen tamu, misalnya Bupati Tana Laut. “Kita perbanyak menghadirkan dosen tamu yang expert dibidangnya, dari instansi dan lembaga. Kemarin kita menghadirkan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepala Dinas Kebudayaan Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, camat, dll

“Kita akan undang mantan Putri Indonesia untuk menjadi dosen tamu, Ketua Pokdarwis di Kalsel, untuk menjadi dosen tamu STIA Bina Banua,” katanya.

Sekolah Tinggi Ilmu Asia (STIA) Bina Banua Banjarmasin kini sudah berusia 33 tahun telah meluluskan sarjana 6.000 orang  lebih yang sebagian besar dari Pulau Kalimantan. Para alumni banyak bekerja di pemerintahan, perusahaan swasta maupun berwirausaha sendiri.

“Banyak alumni STIA Bina Banua yang sukses dalam menjalani karir seperti menjadi pejabat di pemerintahan  antara lain menjadi Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, kepala dinas dan lain-lain,”

Di antaranya, saat ini menjabat Bupati Tanah Laut Drs H Sukamta, Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah Drs H Mansyah Saberi, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsad SSos, MA, Wakil Ketua DPRD HSS H Kusasi.

Alumni STIA Bina Banua lainya, Direktur PDAM Intan Banjar H Syaiful Anwar SSos, MA, mantan Bupati Kotabaru  H Syahrani Mataja, SSos, mantan Wakil Bupati Kotabaru H Rudy Suryana SSos. Kepala perwakilan BKKBN Kalsel Ir Ramlan MA, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas HA Bahruni, MAP

Kepala Pol PP Kalsel Drs H Zakky Aswan, MM, Kepala dinas Perpus dan Arsip Daerah Kalsel Dra Hj Nurliani MAP,  Kabid Humas Polda DIY AKBP Ani Puji Astuti S.Sos.

Ditambahkan dia, di Jurusan Administrasi Bisnis, para alumni STIA Bina Banua ada yang sudah menjadi komisaris sebuah perusahan asuransi , pimpinan BUMN dan  BUMD , serta banyak juga yang menjadi pengusaha.

“Ini menunjukkan adanya sumbangsih STIA Bina Banua bagi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya untuk daerah di Kalimantan Selatan, dan Bangsa / Negara pada umumnya,” ujar Cici.

Selain olahraga, di kampus STIA Bina Banua memiliki program kegiatan mahasiswa, di antaranya adalah BEM, Menwa, HIMA AP, HIMA BI. Kampus STIA Bina Banua berlokasi  di dua tempat, yaitu di Jalan Pramuka Km 6 Kota Banjarmasin dan di Jalan Karamunting Nomor 5 Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut Cici, STIA Bina Banua, kampusnya telah mengalami beberapa kali perubahan motto, seiring bergantinya pimpinan. “Motto yang awalnya Membina Banua Membangun Bangsa telah berubah menjadi mottto APUK, yakni Agamis, Professional, Unggul dan Kompetitif sejak tahun 2018,” jelas perempuan berkulit bening ini.

Kemudian, Cici menyebutkan para Ketua STIA Bina Banjarmasin mulai awal berdiri hingga sekarang:

– Drs H Husin (Ketua 1981-1982)

– Drs H Kaspul Anwar (Ketua 1983-1984)

– Drs H Gerilyansyah Basrindu  (Direktur 1984-1987), (Dekan 1985-1987), (Ketua 1988-1992), (Ketua 2006- 2014)

– Drs H Umar Hamdan (Ketua 1993-2002)

– Drs H Muhammad Yahya MS (Ketua 2002-2006)

– Irawanto SSos, MSi (Ketua 2010-2012)

– Drs H Murakhman Sayuti Enggok, MP (2014-2018)

– Dr H Irawanto, SSos, MSi (2018 – sekarang)

 

Maulida Fitriani

Bagikan:

Iklan