Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250

Bantuan Langsung Tunai Bagi Masyarakat Terdampak Kenaikan BBM di HSU

Pelaksana Tugas Bupati HSU, Husairi saat menyampaikan jawaban kepala daerah atas pemandangan umum fraksi DPRD tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022, Senin (12/9/2022).
banner 120x600
banner 468x60

AMUNTAI, infobanua.co.id – Menyikapi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan harga kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai menyiapkan langkah-langkah strategis terhadap dampak kenaikan BBM. Salah satunya mengefektifikan koordinasi Tim Pengedali Inflasi Pusat dan Daerah serta mengupayakan agar arus distribusi kebutuhan pokok aman lancar tidak ada hambatan.

“Sesuai dengan hasil rapat Tim Pengendali Inflasi Kabupaten HSU, maka kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah dengan memberikan bantuan sosial dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai.” ucap Pelaksana Tugas Bupati HSU, Husairi saat menyampaikan jawaban kepala daerah atas pemandangan umum fraksi DPRD tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022, Senin (12/9/2022).

banner 325x300

Husairi mengatakan, dana BLT tersebut diambil dari alokasi Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam perubahan APBD tahun anggaran 2022 dengan target 9 ribu lebih Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 10 Kecamatan dan 5 Kelurahan.

“Terkait dengan akurasi data calon penerima BLT, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa HSU, akan bekerjasama dengan Lurah dan Kepala Desa untuk melakukan pendataan dengan menyisir calon keluarga penerima manfaat yang terdampak kenaikan BBM.” kata Husairi.

Lebih lanjut, ia mengatakan Selain bantuan BLT ada program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dari Kementerian Sosial RI dan disalurkan oleh Bank Himbara kepada KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam bentuk saldo e-Wallet sebesar Rp 200 ribu per bulan. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan menghindari kerumunan, maka mekanisme penyaluran BLT akan langsung diserahkan kepada Kepala Desa/Lurah untuk kemudian dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

“Kebutuhan untuk belanja pangan atau sembako yang dibelanjakan pada agen E-Warong yang dibentuk oleh Bank Himbara.” pungkasnya.

Diketahui, Himbara adalah himpunan bank negara yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN ditunjuk oleh Kemensos sebagai penyalur pencairan BPNT kepada keluarga penerima manfaat untuk bantuan uang yang hanya bisa dibelanjakan membeli kebutuhan pokok di e-warong yang bekerja sama dengan Bank.

Fai/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *