infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Bawaslu Perkenalkan Bakul dan Ajak Siswa Turut Awasi Pemilu

Bawaslu Perkenalkan Bakul dan Ajak Siswa Turut Awasi Pemilu

Banjarmasin, infobanua.co.id – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar Lc mengajak para siswa, dalam hal ini para siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 7 Banjarmasin turut mengawasi Pemilu 2024.

Hal itu dia sampaikan ketika menjadi Pembina Upacara Apel Pagi Senin (19/9/2022).

Sebelumnya Yasar menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu.

“Tugas dan fungsi kami antara lain melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan terhadap adanya kecurangan dan pelanggaran pemilu ataupun pilkada,” urainya.

Dia pun mengingatkan peserta upacara agar mengingat baik-baik jadwal hari pemungutan suara pada Pemilu 2024 mendatang.

“Adik-adik, terutama yang sudah Kelas XII, jangan lupa ya jadwal Pemilu dan Pilpres pada hari Rabu, 14 Februari dan Pilkada pada November tahun 2024 nanti,” sebut Yasar yang juga sebagai Koordinator Divisi SDM dan Organisasi pada Bawaslu Kota Banjarmasin.

Yasar mengatakan, saat ini pihaknya tengah mensosialisasikan Bakul kepada para siswa Kelas XII yang nantinya berhak memilih.

“Ini kami sedang memperkenalkan Program Bakul, yaitu Bawaslu Banjarmasin Kunjung Sekolah, guna lebih memperkenalkan Bawaslu, serta pentingnya keikutsertaan para siswa dalam Pemilu, juga turut dalam pengawasan Pemilu. Siswa Kelas XII dan punya KTP-el, agar menggunakan hak pilih tersebut. Jangan golput ya. Pilih sesuai penilaian terbaikmu, bukan karena iming-iming dan politik uang. Pahami betul-betul visi-misi calon, agar tidak menyesal karena salah pilih,” ujar jebolan Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir itu.

Yasar menekankan pula, pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) nanti, hendaknya pemilih benar-benar melakukan pilihan yang tepat, sehingga dari paslon yang terbaik dan terpilih tersebut bisa terwujud Indonesia yang lebih baik.

“Sekali lagi, jika melihat adanya indikasi kecurangan atau pelanggaran, kalian bisa turut melaporkan ke Bawaslu Kota Banjarmasin,” ucapnya kembali mengharapkan.

Terakhir, sambungnya, cegahlah, jangan sampai ada calon anggota legislatif (caleg) atau pasangan calon (paslon) masuk sekolah dan membagi-bagikan bahan kampanye, seperti kalender, kartu nama, dan sebagainya, yang isinya mengajak memilih.

Turut hadir dalam giat ini anggota Bawaslu Kota Banjarmasin lainnya, Rahmadiansyah SSos dan Drs Munawar Khalil, Plt Kepala Sekretariat Murdianti SSos, Kasubbag Pengawasan dan Humas Dewi Muliani SSi, dan sejumlah staf sekretariat.

Giat tersebut mendapat sambutan hangat dari Kepala Sekolah Tumiran dan dewan guru SMAN 7 Banjarmasin.
Di akhir upacara, Bawaslu Kota Banjarmasin menyerahkan Piagam Penghargaan yang diterima langsung Kepala Sekolah disaksikan seluruh dewan guru dan siswa. (mun)

Bagikan:

Iklan