BANJARMASIN, infobanua.co.id – Pelindo berkomitmen penuh mendukung peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dengan mengimplementasikan dan mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan melalui penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (d/h Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).

Langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya yang sedang kesulitan atau terdampak  pandemi, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Hingga Desember 2022, Pelindo Sub Kalimantan berhasil menyalurkan total dana TJSL sebesar Rp 1,2 miliar.  “Dana Program Pendanaan UMK diharapkan dapat menjadi stimulus bagi usaha mikro kecil agar bisa  mengembangkan usahanya. Kami berharap dana ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo,” kata CEO PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Kalimantan Fariz Haryoso, Rabu (14/12/2022).

Kata Fariz, bantuan disalurkan dua tahap, pertama Rp 762 juta dan di akhir tahun 2022 Rp 449 juta di Kota Banjarmasin dengan rincian bantuan sarana pendidikan Rp 82 juta, penyediaan air bersih Rp132 juta, sarana ibadah Rp 50 juta, penanaman mangrove dan wisata Rp 175 juta serta bantuan sarana pra sarana umum Rp 10 juta.

program Pendanaan UMK memiliki fokus dalam aspek pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang diberikan dalam bentuk pemberian modal kerja dalam bentuk pinjaman dan/atau pembiayaan syariah untuk UMK di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa.

Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Pelindo tidak hanya memberikan pinjaman dana semata, namun juga melakukan pembinaan berupa pelatihan, pemasaran dan pembinaan lainnya  untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo dalam menekuni bidang usahanya.

Adapun Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah kegiatan yang merupakan komitmen Perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

id/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *