Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
banner 728x250

Punya Tunggakan? BPJS Kesehatan Beri Solusi Lewat Program Rencana Pembayaran Bertahap

BPJS Kesehatan menghadirkan Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) yang diperuntukkan nasabah yang menunggak pembayaran iuran BJPS Kesehatan.
banner 120x600
banner 468x60

Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan menghadirkan Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) yang diperuntukkan nasabah yang menunggak pembayaran iuran BJPS Kesehatan.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang SDMUKP BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Jahidah dimana program Rehab bertujuan untuk memberikan keringanan finansial bagi peserta JKN yang menunggak khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) sehingga dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

banner 325x300

“Persyaratan untuk mendapatkan program Rehab, diantaranya peserta termasuk dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang memiliki tunggakan lebih dari tiga bulan (tunggakan 4-24 bulan),” katanya Rabu (21/9/2022).

Kata Jahidah, peserta mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN, maksimal periode tahapan pembayaran selama satu siklus program adalah 12 bulan dan status kepesertaan akan kembali aktif setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan lunas dibayarka.

“Peserta JKN-KIS bisa melakukan pendaftaran program Rehab melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan mengikuti alur dan prosedur, peserta nantinya sudah dimudahkan untuk melakukan pembayaran tunggakan secara bertahap untuk meringankan peserta,” ujarnya.

Menurut Jahidah, peserta diarahkan untuk memilih menu Rencana Pembayaran Bertahap dan akan muncul informasi total tunggakan. Kemudian, setelah peserta menyetujui syarat dan ketentuan, peserta bisa menyelesaikan pendaftaran program Rehab.

“Tagihan akan terbentuk sesuai dengan pilihan peserta dan peserta dapat membayar tagihan iuran pada kanal-kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Untuk pendaftaran, dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari sampai dengan tanggal 27,” katanya.

Jahidah berkata, Program Rehab ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan karena ada pandemi Covid-19 yang masih berlangsung menyebabkan rendahnya Ability to Pay peserta PBPU. Kedua, rendahnya tingkat keaktifan peserta PBPU yang disebabkan karena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran. Ketiga, tingginya peserta PBPU yang menunggak di atas 3 bulan.

“BPJS Kesehatan terus gencar melakukan sosialisasi Program Rehab kepada seluruh masyarakat melalui berbagai media informasi. Harapannya, informasi ini dapat tersebar secara luas dan dipahami dengan baik oleh masyarakat,” paparnya.

Peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran dapat antusias mendaftar Program REHAB untuk menerima manfaat atas kemudahan dari inovasi terbaru yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan.

Duta BPJS Kesehatan sudah melakukan sosialisasi terkait Program REHAB. Program REHAB ini disampaikan baik melalui tatap muka, sosial media, Care Center 165, petugas telecollection di kantor cabang (melalui media telepon, SMS blast, E-mail blast dan WhatsApp blast) serta mitra kerja Kader JKN.

“Semua diupayakan oleh kami untuk menyebarkan Program REHAB seluas-luasnya. Harapannya teman-teman media yang hadir pada acara media gathering hari ini dapat turut menyebarkan informasi mengenai Program REHAB ini,” katanya.

ida/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *