Banjarmasin, 26 September 2022 – Mengutip hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), penduduk Indonesia yang telah menggunakan Internet hingga pertengahan 2022 sebanyak 220 juta orang. Angka tersebut melonjak 77 persen dari masa sebelum pandemi COVID-19 sebanyak 175 juta pengguna. Melonjaknya angka pengguna internet sekaligus menjadi tantangan bagi para pegiat UMKM untuk mampu beradaptasi
dengan bisnis online.

Hal ini dikupas di JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Banjarmasin. Antusiasme besar untuk meningkatkan skala bisnis UMKM Balikpapan tertuang pada acara yang dihadiri lebih dari 200 pegiat UMKM ini.
Depi Hariyanto, selaku Branch Head JNE Banjarmasin menyatakan “Semoga webinar ini dapat menjadi acuan bagi UMKM yang baru mulai memasarkan atau menjual produknya secara online. Kami juga berharap UMKM yang sudah memasuki dunia digital dapat bersinergi dan meningkatkan perekonomian daerah”, buka Depi pada Senin, 26 September2022.

Muhammad Aripin selaku Founder Rumah Kreatif dan Pintar, yang bergerak pada bidang sociopreneur dengan produk handicraft, kuliner, anyaman, hingga bengkel menyatakan “Usia boleh tua, namun UMKM perlu kesiapan untuk melek digital berdampingan dengan generasi yang lebih muda.” Aripin menekankan pentingnya keterlibatan anak muda untuk memproduksi konten yang menarik di media sosial.

Dalam keterangannya, Aripin menambahkan “Ketika berbicara bisnis online, pegiat UMKM perlu memahami bahwa tidak hanya konten visual yang harus dimaksimalkan, namun secara deskripsi juga harus jelas”.

Bagi Aripin, berbisnis di kanal digital tidak hanya soal visual atau estetika. Kemampuan untuk menjelaskan produk atau layanan bisnis juga diuji dengan memproduksi copywriting yang dikemas dengan gaya bahasa dan susunan yang menarik.

Berbisnis sociopreneur tak lepas dari berbagai tantangan, salah satunya adalah mengelola SDM (Sumber Daya Manusia). Berangkat dari keprihatinan Aripin atas komunitas marginal yang sulit terserap tenaga kerja, Aripin rutin menjalin MoU atau kerja sama dengan sejumlah mitra strategis, mulai dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan Balai Pemasyarakatan untuk mengelola SDM ex-narapidana hingga kaum disabilitas.

Hal ini turut diapresiasi oleh Bobby Bahrul Imm, selaku Owner ABBA Cokelat. Di sisi lain, tren di media sosial yang tak henti bertransformasi menjadi tantangan tersendiri bagi Bobby. “Kami sempat terlambat untuk beradaptasi, namun yang terpenting adalah kemauan untuk belajar, berfikir keras, berinovasi, dan mampu menyesuaikan tren yang sedang berlangsung”

Bobby menilai momentum pandemi menjadi saat yang tepat bagi pebisnis untuk melihat lebih dalam kelemahan serta peluang inovasi yang mampu dikembangkan. “Yang begitu penting adalah kemauan untuk berdiskusi dengan teman UMKM lainnya, pasti akan ada hal positif yang dapat diimplementasikan,” ujar Bobby.

Hal ini sejalan dengan visi diadakannya JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online hari ini. Selain membawa banyak wawasan bisnis terkini, Depi Hariyanto selaku Branch Head JNE Banjarmasin juga memaparkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh UMKM, seperti adanya promo gratis ongkos kirim dari JNE untuk pengiriman dalam kota tanpa minimal atau maksimal berat dan layanan JNE Loyalty Card (JLC) yang dapat dikumpulkan
dan ditukarkan sebagai hadiah.

“Sebetulnya rugi jika tidak mendaftar JLC, jika undian di level nasional UMKM berkesempatan mendapatkan mobil, di tingkat provinsi hadiahnya juga cukup besar seperti TV”, ujar Depi.

Menutup kegiatan webinar hari ini, Depi menambahkan “Selain mendukung kegiatan UMKM dari segi layanan pengiriman, pengemasan, atau promosi, saat ini JNE Balikpapan juga berupaya mendukung sistem keuangan dan modal UMKM. Hal ini agar modal yang diberi BUMN atau swasta dapat dikelola dengan baik.”, tutup Depi.

Sebagai informasi, Banjarmasin merupakan kota ke-43 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Banjarmasin, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Palu pada 29 September 2022.

Rel

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *