Sampit, infobanua.co.id – Kalau warga sudah habis dengan kesabarannya dan bosan dengan janji janji, kini warga desa Biru Maju, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit dalam waktu dekat mereka akan melakukan demo besar besaran menuntut Plasma 20% kepada PT.Buana Artha Sejahtera.

PT. Buana Artha Sejahtera (BAS) Salah satu PBS yang berada di Kotawaringin Timur, Sampit yang tidak memiliki Hak Guna Usaha (HGU) dengan luasan lahan sekitar 14.300 Hektar sedangkan lahan tersebut sudah ditanam sawit dan produksi.

Dalam perjalanannya perusahaan ini tidak pernah sama sekali memberikan kesejahteraan warga disekitar perkebunan, warga juga pernah menuntut haknya meminta plasma 20% dari luasan lahan perkebunan sawit, namun setiap ada pertemuan warga oleh perusahaan selalu diberikan janji yang tidak pernah terealiasasi.

Rimbun yang juga diketahui wakil rakyat angkat suara, ketika ditemui infobanua Sampit mengatakan terkait akan ada demo yang dilakukan warga desa Biru Maju, Kecamatan Telawang dengan tegas menyuarakan bahwa demo tersebut dia sendiri akan memimpin.

Turun tangannya Rimbun akan memimpin demo tersebut ia menjelaskan, bahwa selama ini dari pengamatannya warga selalu menjadi korban dengan janji perusahaan untuk diberikan plasma 20% sedangkan pemerintah daerah tidak banyak berbuat untuk kepentingan warga.

“Saya sendiri yang bakal memimpin demo itu, saya ikut prihatin melihat nasib warga di Kotim korban janji perusahaan tidak ada realisasinya.”Tegas Rimbun kepada infobanua Sampit.

Rimbun juga mengatakan kalau demo ini bukan saja dilakukan di desa Biru Maju, Kecamatan Telawang akan tetapi juga akan dilakukan di Kecamatan Cempaga. Demo ini dilakukan serempak sampai tuntutan warga ini dipenuhi yaitu plasma 20%.

“Demo ini juga bakal akan dilakukan warga di Kecamatan Cempaga, selanjutnya tidak menuntut kemungkinan ditempat lain,” ujarnya.
Zainal.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *