Nganjuk,infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk melakukan pembinaan kepada para Pelaku usaha pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dalam rangka menjamin mutu dan keamanan pangan.

Salah satu wujud pembinaan yang dilakukan yaitu Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Registrasi Pendataan Pelaku Usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PDUK) yang dilaksanakan di Aula Kostrada Dinas Pertanian, pada Rabu (28/09/2022).

Plt Kepala Dinas yang diwakili Sekretaris Dinas (Sekdin) Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk Nur Binti dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 50 peserta dari UD,Poktan,Gapoktan dan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Menurutnya,kegiatan yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini dilaksanakan dalam rangka untuk pendataan pelaku usaha pangan segar asal tumbuhan guna mendukung keamanan pangan di Kabupaten Nganjuk. “Jadi ini selaras dengan arahan Bapak Plt Bupati Nganjuk dalam mewujudkan pangan aman sehat di Kabupaten Nganjuk,“ terangnya.

Nur Binti juga menyampaikan hal tersebut dimaksudkan agar Kabupaten Nganjuk memiliki produk unggulan pangan sehat,seperti beras sehat dan segala produk yang bersifat sehat.

“Selain itu,goalnya adalah untuk meningkatkan nilai jual produksi yang dihasilkan dari Kabupaten Nganjuk,serta menciptakan masyarakat yang sehat,” tukasnya.

Selain itu Nur Binti berharap dengan kegiatan ini.Pihaknya bisa memberikan perlindungan bagi konsumen sekaligus mendorong pelaku usaha agar dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk PSAT melalui perizinan usaha.

“Sehingga memudahkan pemerintah dalam melakukan pengawasan dan produk yang dijual benar-benar pangan aman dan sehat.Jadi pengurusan registrasi PSAT melalui OSS ini gratis tidak dipungut biaya atau nol rupiah,“ tandasnya.

Perlu diketahui,sebagai nara sumber yang dihadirkan dalam kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Registrasi Pendataan Pelaku Usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) ini adalah dua nara sumber yakni dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Nganjuk Hardiono dengan materi Registrasi PSAT PDUK melalui OSS Berbasis Resiko.

Kemudia narasumber kedua dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKPD) Provinsi Jawa Timur,Cholifah dengan materi Penerapan Jaminan Mutu dan Keamanan PSAT.

(prs)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *