Medan, infobanua.co.id – Sebagai wujud nyata kepedulian terhadap dunia pendidikan, Yayasan Hidup Mandiri Awali Semangat Padamu Negeri (HIMNAS – PAGRI) Medan kembali menyerahkan 200 orang calon mahasiswa/i  baru tahun ajaran 2022-2023 ke Universitas Tjhut Nyak Dhien Medan, Kemarin (28/9).

Mahasiswa/i yang telah diserahkan merupakan putra-putri daerah asal wilayah Sumatera Utara yang memiliki latar belakang ekonomi dan status kehidupan sosial yang berbeda-beda. Diperoleh informasi bahwa Yayasan HIMNAS-PAGRI telah bekerjasama dengan APIPSU dan Universitas Tjhut Nyak Dhien (UTND) sejak tahun 2019 dengan jumlah Mahasiswa Beasiswa Binaan kurang lebih 500 Orang. Sementara pada Universitas dan Yayasan Perguruan Tinggi lainnya juga mencapai seratusan lebih.

Pada sambutan Pembina Yayasan HIMNAS – PAGRI, Yustinus Halawa, S.E mengharapkan Bapak/i Dosen menjadi orang tua sekaligus sahabat bagi mahasiswa yang baru.

“Harapan kami dan kita bersama kepada Bapak/Ibu Dosen beserta seluruh Staf Universitas Tjut Nyak Dhien Medan agar menjadi orang tua dan sahabat bagi adek-adek calon mahasiswa/i, serta dapat memaklumi serta sabar jika dalam perilaku mereka ada yang kurang berkenan, karena anak-anak binaan kami ini memiliki status kehidupan sosial yang jauh berbeda dengan anak-anak di kota,” harapnya.

Yustinus, sebelum menyerahkan mahasiswa baru menitipkan pesan agar tekun dalam belajar.

“Kepada adek-adek kami mahasiswa/i Beasiswa agar bertekun dan semangat dalam belajar, menjunjung tinggi jiwa Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sehingga mampu untuk membuka diri bersosial, mencintai sebuah perbedaan dan bertoleransi” kata Yustinus.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa HIMNAS-PAGRI merupakan salah satu Yayasan dengan Visi : Menjadi Wadah Generasi Bangsa yang Tangguh, Terampil, Berakhlak, Berjiwa Sosial serta Saluran Berkat Bagi Sesama, dan salah satu Misi yakni: Memberikan kesempatan kepada generasi Bangsa untuk memperoleh pendidikan, pembinaan intelektual dan moral berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Penyerahan Mahasiswa/I Beasiswa Binaan Yayasan HIMNAS-PAGRI diterima langsung oleh Wakil Rektor 1, Ibu apt. Eva Sartika Dasopang.,M.Si didamping Ibu Karolina Sitepu, SH.,MH (Biro Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni) UTND – APIPSU.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada HIMNAS yang sudah mempercayakan Yayasan APIPSU dan UTND untuk mendidik masyarakat khususnya masyarakat dari kepulauan Nias dan Sumatera Utara umumnya untuk mengenyam pendidikan tinggi, semoga kerjasama ini dapat terus berkesinambungan, sehingga Universitas Tjhut Nyak Dhien semakin maju dan berkualitas kedepannya” ujar Eva Sartika pada sambutannya kemarin.

Terpisah, Polius Halawa mahasiswa beasiswa binaan HIMNAS-PAGRI semester 5 Jurusan Hukum dan Erpi Sitorus semester 7 jurusan sistem informasi, saat ditemui wartawan dikampus UTND, sangat berterimakasih kepada Yayasan HIMNAS-PAGRI.

“Tak ada balasan dari kami kepada pengurus yayasan HIMNAS-PAGRI yang dengan tulus membina dan memberi Kesempatan untuk menuntut Ilmu di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan – Yayasan APIPSU. Kami mendokan agar yayasan HIMNAS-PAGRI semakin maju dan sukses dalam menggapai visi-misi nya” kata mereka.

(Arman)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *