PURWAKARTA, infobanua.co.id – Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober dan tahun ini jatuh pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah Peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S.

Menurut, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan tergantikan oleh paham apapun, maka dari itu Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan dihati seluruh rakyat Indonesia.

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya. Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita bersama menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pasalnya, pemersatu kita semua adalah Pancasila walaupun beraneka ragam suku, agama, ras, dan antar golongan. Semua dipersatukan oleh Pancasila,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu.

Ia mengungkapkan, ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, nilai-nilai Pancasila-lah yang saat ini jadikan landasan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada masa seperti ini masyarakat harus bersatu dengan tetap melihat nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila terhadap keutuhan bangsa. Hilangkan ego, mari bersatu agar kita bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Edwar menjelaskan, kalau masyarakat dan semua pihak ingin implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kondisi saat ini, dimana pemerintah dan para ahli menganjurkan taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan di situasi pandemi covid-19 yang masih terjadi.

“Mengimplementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kondisi pandemi seperti ini yakni mentaati dan mematuhi protokol kesehatan sesuai Imbauan dari pemerintah. Momentum Hari Kesaktian Pancasila di tengah pandemi ini, kita perlu meningkatkan kesadaran diri hidup bermasyarakat. Saling melindungi dan peduli agar virus corona tidak semakin menyebar dan menulari serta pandemi ini segera berakhir,” harapanya.

Selain itu, sambung Edwar, maknai Kesaktian Pancasila dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patrotisme mulai dari diri sendiri.

“Mari kita rawat dan jaga keutuhan, kesatuan bangsa demi terwujudnya keadilan yang merata dan kedamaian bersama. Dan mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022, semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” pungkas Edwar.(Dodi Junaedi)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *