Categories: Barito Kuala

Pemkab Batola Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Marabahan, infobanua.co.id –Pemkab Barito Kuala (Batola) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasiala, Senin (03/10/2022).

Bertindak Inspektur Upacara Bupati Hj Noormiliyani AS, Perwira Upacara Kabag Prokopimda Hery Sasmita SSTP MAP, dan Komandan Upacara Aulia Rosyadi SSTP MAP.

Peringatan yang berlangsung di Halaman Kantor Setdakab Batola ini dirangkai penyerahan Grand Design Pembangunan Batola oleh Bupati Noormiliyani kepada Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor.

Upacara yang juga dihadiri Ketua DPRD Saleh, para anggota forkopimda/mewakili, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, para pimpinan organisasi wanita, para staf ahli bupati, para asisten, pimpinan SKPD, Kepala BNNK, para pimpinan instansi vertikal, para kabag, kabid, dan camat, ini ditandai pengibaran bendera merah putih dari tiga anggota Paskibra.

Prosesi Upacara yang diikuti pasukan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, dan Korpri ini juga diisi mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila dipimpin Inspektur Upacara, pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Saleh, pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kasubag Protokol Ganang Setya Bhakti, serta doa oleh Kasubag Kesra Khalid Effendi.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sendiri dilatarbelakangi Peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal G30S/PKI. Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

Bupati Noormiliyani selaku Inspektur Upacara nampak fasih membacakan Pancasila tanpa naskah. Hal itu diperkuat lagi dengan pembacaan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang disampaikan Ketua DPRD Batola, Saleh.

“Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataanya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Dalam ikrar hari kesaktian Pancasila yang ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani disampaikan seluruh bangsa Indonesia haruslah bersama-sama membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Nang/IB

admin

Recent Posts

Edarkan Ekstasi, Salah Satu Warga Desa Bandar Dolok Berhasil Diamankan

Sumut, infobanua.co.id - Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) berhasil mengungkap peredaran narkoba…

7 jam ago

Musrenbang RKPD 2025, Ketua DPRD Kalsel Serahkan Pokok Pikiran Kepada Gubernur

Banjarbaru, infobanua.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hadiri Musyawarah…

9 jam ago

Pesan Bupati Rusma Yul Anwar Saat Hadiri Wisuda Tahfidz MTsN 13 Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar hadiri acara…

11 jam ago

KPU Pessel Buka Pendaftaran Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Pesisir Selatan Untuk Pilkada 2024

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Panggilan bagi putra-putri terbaik di Kabupaten Pesisir Selatan untuk daftar menjadi…

11 jam ago

Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Tinggi Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023

Sumut, Infobanua.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tebing Tinggi menggelar Rapat Paripurna dalam…

11 jam ago

Direktur Operasional Apartemen D’Orange Park, Angkat Bicara Terkait Berita Hoaxs

Depok, infobanua.co.id - Management Apartemen D' Orange Park akhir nya angkat bicara terkait tudingan yang…

14 jam ago