Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, menggelar upaca dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Walikota Blitar, jalan Merdeka 105 Kota Blitar, Sabtu 01-10-2022.

Upacara dipimpin langsung oleh Walikota Blitar, Santoso, yang diikuti oleh pejabat Forkopimda Kota Blitar, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar, perwakilan dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, mahasiswa, dan para pelajar di Kota Blitar.

Dalam kesempatan tersebut, Santoso mengajak para generasi muda untuk menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara dan mengamalkan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indobesia (NKRI).

Selain itu Santoso juga menbacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Ikrar atau janji dengan sungguh-sungguh membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi upaya untuk memupuk jiwa dan semangat Nasionalisme kepada seluruh rakyat, terutama para generasi muda di Indonesia.

Para generasi muda harus ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara agar tidak dirong-rong oleh paham yang bertentangan dengan nilai-nilai sila Pancasila.

“Pancasila sebagai Dasar Negara harus dijaga dan dipertahankan agar tidak dimasuki oleh paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai sila Pancasila,” kata Walikota Blitar, Santoso.

Menurut Santoso, salah satu cara menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, yakni dengan mengamalkan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Kami mengajak para generasi muda untuk ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santoso menuturkan, pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat juga sebagai benteng untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

“Di monen Hari Kesaktian Pancasila ini, kami mengajak kepada semua warga masyarakat untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (Eko.B).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *