Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, mulai membagikan bantuan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) di Kota Blitar, kepada 10.164 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan, ada sebanyak 10.164, KPM di wilatah Kota Blitar mendapatkan alokasi 40 Kilogram Beras gratis.

Distribusi Rastrada tersebut dimulai Senin 03 Oktober hingga Rabu 05 Oktober 2022 besuk.

Sedang tempat distribusinya dipusatkan di kantor Kelurahan masing-masing.

“Hari Senin kemarin mulai disalurkan. Distribusinya di kantor kelurahan, ini untuk memudahkan pengambilan. Mudah-mudahan bermanfaat dan kami pesan jangan sampai dijual lagi,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, saat usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang berhak di Kelurahan Kepanjenlor, Kecanatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Selasa 04-10-2022.

Menurut Santoso, warga menerima 40 Kilogram Beras per-KPM untuk empat bulan.

Muaranya adalah, Rastrada ini dilakukan secara rapel, karena setiap bulannya mendapatkan alokasi 10 Kilogram Beras.

Dan Rastrada ini merupakan penyaluran terakhir dalam tahun 2022, karena baru ada lagi nanti pada tahun 2023, jadi Rastrada ini untuk bulan September, Oktober, November dan Desember 2022.

“Rastrada ini masuk tahap ketiga atau terakhir. Sebab tahun 2022 ini sudah tidak ada lagi, sebab Rastrada kami salurkan dalam tiga tahap,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santoso menuturkan, sudah sesuai dengan jadual distribusi Rastrada dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut.

Pada hari pertama kemarin di Kecamatan Sananwetan, hari kedua ini di Kecamatan Kepanjenkidul dan besuk terakhir di Kecamatan Sukorejo, dan jumlah Kelurahan di Kota Blitar, ada 21 Kelurahan, dan 03 Kecamatan.

“Tiga hari sudah harus selesai. Karena Beras sudah ada di masing-masing Kelurahan dan tinggal diserahkan ke penerima yang berhak,” ungkapnya.

Masih menurut Santoso, pada bulan ini selain Rastrada, pihaknya juga akan menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) dampak kenaikan harga BBM.

Hanya saja bantuan yang diberikan bukan dalam bentuk uang tunai melainkan sembako. Satu sembako nilainya Rp 200 ribu.

“Sesuai rencana Bansos BBM diberikan selama tiga bulan mulai Oktober, November dan Desember 2022. Jumlah dana yang dikucurkan sekitar Rp 2 Miliar,” pungkasnya. (Eko.B).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *