infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN MTQ Nasional di Kalsel Diikuti 1.676 Peserta

MTQ Nasional di Kalsel Diikuti 1.676 Peserta

Banjar, infobanua.co.id – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 yang dibuka Wapres KH. Ma’ruf Amin pada Rabu (12/10) malam terlihat meriah.

Pembukaan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 ini ditandai pukul bedug oleh Wapres Mar’uf Amin didampingi Menteria Agama Yaqut dan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Selain terdapat panggung utama, MTQN XXIX tahun ini juga menyediakan beberapa tempat diluar area utama yang dilengkapi dengan videotron.

Sehingga, tamu maupun warga bisa melihat acara pembukaan MTQ dengan nyaman.

Kemeriahan MTQ XXIX ini pun diakui oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut penyelengaraab tahun ini lebih meriah dibanding tahun 2020 lalu.

“Alhamdulilah, penyelanggaraan MTQN tahun ini yang bisa diselanggarakan lebih meriah dibanding tahun 2020 lalu serta diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi dan 135 dewan hakim yang menilai peserta pada 8 cabang lomba yang terbagi dalam 23 golongan.

Menag Yaqut juga menyebut, para qari/qariah Indonesia telah banyak menorehkan prestasi di tingkat internasional yang tentunya membawa nama harum Indonesia.

Untuk itu, menag pun meminta dukungan semua pihak untuk mendukung pengembangan pendidikan Alquran di tanah air ini.

Pada kesempatan itu pula, Menag juga menyebut alasan menetapkan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXIX Tahun 2022.

Pertimbangannya antara lain bahwa Provinsi Kalsel ini merupakan salah satu pusat penyebaran Islam di Kalimantan dengan tokohnya yang terkenal yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan