infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN DPRD KOta Banjarmasin Sahkan APBD 2023

DPRD KOta Banjarmasin Sahkan APBD 2023

BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin sahkan APBD tahun anggaran 2023 yang sempat dibahas secara a lot oleh eksekutif dan legislative di Rapat Paripurna, Selasa (22/11/2022).

Menurut Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya, rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi perda menunggu hasil konsultasi ke Pemprov Kalsel dipimpin Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya didampingi pimpinan dewan dan anggota DPRD lainnya.

Beberapa catatan soal Silpa di APBD Banjarmasin Perubahan 2022 mencapai Rp 100 miliar lebih. Yang membuktikan jika Pemkot Banjarmasin harus lebih aktif melakukan perencanaan terhadap proyek fisik Dinas PUPR Kota Banjarmasin.

“Beberapa kasus yang menggeser anggaran seperti proyek dermaga apung atau jembatan penghubung di Jembatan Dewi, serta lainnya. Padahal, penggunan anggaran itu harus berdasar perencanaan yang disepakati antara kedua belah pihak,” katanya.

Kata Harry, dalam sepekan ini, memang pembahasan item-item dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Banjarmasin bersama Banggar DPRD Kota Banjarmasin cukup a lot.

DPRD Banjarmasin akhirnya menyepakati porsi belanja daerah dalam APBD Banjarmasin 2023 menembus angka Rp 2,5 triliun. Porsi belanja ini ditanggung dengan pendapatan daerah segede Rp 2,3 triliun, sehingga terdapat defisit yang akan ditutupi dengan pembiayaan. Termasuk, sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) serta komponen pendapatan lainnya.

APBD Banjarmasin tahun anggaran 2023 mencapai Rp 2,5 triliun harus bisa terlaksana pada tahun depan. Dimana porsi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Banjarmasin mengalami peningkatan sebesar Rp 700 miliar dan diharapkan tahun 2023 bisa tembus Rp 1 triliun.

Maulida

 

Bagikan:

Iklan