Categories: HULU SUNGAI UTARA

Sosialisasi Pencegahan Sengketa

AMUNTAI, infobanua.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah menyampaikan, pentingnya memastikan kepemilikan tanah dalam jalannya roda pemerintahan dan pembangunan, serta perekonomian.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka kegiatan Sosialisasi Pencegahan Sengketa, Konflik dan Perkara Pertanahan serta Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Kantor Pertanahan HSU, bertempat di Gedung Agung Setda HSU. Kamis (24/11/2022)

“Pentingnya untuk saling meluruskan kepemilikan tanah yang kadang-kadang sengketanya panjang sekali, sehingga ini juga akan menghambat roda pemerintahan dan perekonomian kita, karena terkadang ada tanah yang bersengketa akhirnya secara ekonomi tidak berfungsi,” kata Suria.

Lebih lanjut, Suria mengatakan, pada saat penanganan sengketa nanti, stakeholder memiliki peranan dan menjadi garda terdepan dalam mempercepat penyelesaian suatu sengketa, Baik itu pemerintah daerah, instansi vertikal, bagian hukum, polri serta kejaksaan semuanya mempunyai peranan untuk percepatan penyelesaian semua sengketa yang terjadi,

” kalau bisa sengketa diselesaikan secara kekeluargaan, tetapi kalau memang tidak bisa kita diharuskan untuk memberikan bentuk keadilan dalam ranah hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.” tegasnya

Suria berharap, dengan diadakannya sosialisasi dan FGD ini dapat menghasilkan ide – ide ataupun inovasi dalam pemecahan masalah persengketaan.

“Kegiatan ini memiliki arti penting, bahkan ini mungkin menjadi langkah awal kita semua dalam upaya melakukan tindakan pencegahan sengketa, konflik dan perkara pertanahan,” tukasnya.

Adapun Kepala Kantor Pertanahan HSU Sofia Rachman mengatakan, dilakukannya sosialisasi dan FGD sebagai bentuk kolaborasi bersama pemerintah daerah menuju HSU yang lebih baik.

“Karena itu kami berinsiatif untuk menyelanggarakan acara ini dengan berkolaborasi dengan pemerintah HSU, dengan harapan dapat mendapatkan dukungan untuk melaksanakan kegiatan yang akan kami laksanakan,” ungkapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah HSU, semoga acara ini nantinya bisa dilanjutkan dengan agenda yang lain, dengan tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat HSU,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan secara simbolis Sertipikat Aset Pemerintah Daerah HSU kepada Pj Bupati HSU, sertipikat Barang Milik Negara (BMN) kepada Kemenag HSU, Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada salah satu warga Desa Kandang Halang, serta Sertipikat Wakaf kepada Masjid Hidayatuddin Desa Bayur.

Fai/IB

admin

Recent Posts

Angka Kemiskinan di Pessel Masih Tinggi, Pemkab Sebut Trentnya Kian Menurun Pertahunnya

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Presentase angka penduduk miskin di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) masih…

35 menit ago

IDE by Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024, Berdayakan Bisnis Rintisan Lewat Inovasi dan Wawasan Teknologi

Jakarta, 26 Maret 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat…

43 menit ago

Spesial di Momentum Ramadan dan Lebaran XL Axiata Business Solutions Hadirkan Promo Khusus untuk Pelanggan Korporasi

XL Axiata Business Solutions (XLABS) menawarkan tiga produk layanan yang bisa didapatkan oleh para pelanggan…

1 jam ago

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis SSos Apresiasi Musrembang 2024 Dalam RKPD Kotabaru Tahun 2025

Kotabaru, Infobanua.co.id - Pemkab Kotabaru menggelar acara musrenbang tahun 2024 dalam RKPD tahun 2025. Acara…

2 jam ago

Pemkab Pessel Bakal Rekrutmen 500 Orang PPPK dan CPNS Tahun Ini

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal menuntaskan semua…

2 jam ago

Pemkab Pessel Bakal Relokasi Korban Terdampak Parah Banjir dan Longsor di Kecamatan Sutera

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) tengah berupaya mencarikan…

2 jam ago