Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

Lahan Pemkab di Kecamatan Cilaku,Akan Jadi Lokasi Huntara Korban Gempa Cianjur

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur.Infobanua.co.id – Tempat relokasi bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih proses pengkajian. Namun, pemerintah daerah setempat sudah mengusulkan lahan yang bisa dijadikan sebagai tempat relokasi.

Asisten II Setda Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoyib, mengatakan lokasi alternatif yang diusulkan Pemkab Cianjur sebagai tempat relokasi sementara berada di Desa Sirnagalih ,Kecamatan Cilaku.dengan Luas lahan sekitar 2 hektare yang berada di kawasan Dinas Lingkungan Hidup.

banner 325x300

“Di sana ada tanah pemda dua hektare. Maksudnya itu bisa menampung berapa ratus rumah dulu sebagai percontohan.itu untuk Huntara (hunian sementara) dulu,” ungkap Budi Minggu (27/11).

Lokasi tersebut informasinya sudah ditinjau tim dari BMKG. Hasil kajian sementara lokasi tersebut layak digunakan sebagai tempat huntara.

“Tapi nanti siapa yang akan masuk ke sana harus berdasarkan hasil asessmen dulu. Jadi bisa warga mana saja berdasarkan hasil asesmen,” katanya.

Tapi, sebut Budi, yang menjadi prioritas tentunya warga yang lahan tempat tinggalnya tidak bisa dihuni. Ada juga warga yang lahannya masih bisa ditempati sehingga masih bisa dibangun rumah.

“Jadi tidak semua bisa direlokasi. Pada intinya masih dalam proses kajian. Tapi kita pemerintah daerah itu menginginkan setelah masa tanggap darurat ini sudah bisa dibangun,” tuturnya.

Sehingga, sebelum masa tanggap darurat berakhir, hasil asesmen sudah bisa selesai. Hal itu diusulkan untuk mendapatkan dana simpan pinjam (DSP).

“Itu kan harus ada data dulu sebelum diusulkan menggunakan DSP. Itu yang sekarang sedang kita data dengan Kementerian PUPR serta relawan, yang bangunan (rusak) sekitar 57 ribuan data pengungsi itu,” imbuhnya.

Seandainya masih dibutuhkan, lanjut Budi, Pemkab Cianjur akan berupaya mencari lahan lagi. Termasuk mencari lahan milik Pemprov Jabar.

“Kami sudah sampaikan ke Gubenur. Hanya memang (lahanny) tidak mungkin sesuai keinginan masyarakat,” ujarnya.

Bukan perkara mudah mencari lahan bagi tempat relokasi. Terlebih, lahan pemerintah daerah relatif cukup terbatas.

“Kalau tempat sih mungkin banyak, tapi kan harus lahan milik pemda. Kalau memang ada masyarakat yang mau menghibahkan, silakan. Kami memang sedang menunggu hal itu,” pungkasnya.

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *