Cianjur,i nfobanua.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) kerahkan belasan mobi tangki untuk bantuan air bersih kepada korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). Dan jika kebutuhan meningkat PMI akan menambah mobil tangki tersebut.

Wakil Ketua PMI Pusat Marsekal TNI Purn Ginandjar Kartasasmita, mengatakan ada 17 unit mobil tangki PMI dari berbagai daerah yang diterjunkan ke Cianjur.

“Saat ini tercatat sudah 17 mobil tangki yang kami siapakan, itu dari PMI di berbagai daerah. Sejak kemaren juga sudah beroperasi melayani kebutuhan air untuk para pengungsi korban gempa bumi di Cianjur,” kata Ginandjar usai apel kesiap-siagaan bencana di kawasan Joglo, Jalan Pangeran Hidayatullah, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya truk tangki tersebut akan berkeliling menjangkau setiap posko pengungsian untuk mendistribusikan air bersih. “Truk tangki air ini akan mobile ke 140 desa yang terdampak gempa, ke setiap posko pengungsian yang ada di sana. Kalau memang masih dibutuhkan, nanti kita akan tambah lagi unit truk air untuk penanganan pasca bencana di Cianjur,” ucap Ginandjar.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cianjur Ahmad Fikri, mengatakan satu truk tangki air dapat membawa 5.000 liter air. Sehingga setiap harinya minimal ada 85 ribu liter air bersih untuk kebutuhan pengungsi.

“Minimalnya ada 85 ribu air yang didistribusikan setiap harinya. Untuk beberapa daerah mungkin bisa dalam sehari ada dua sampai tiga kali distribusi, jadi perkiraan sehari bisa sampai 100 ribu liter air bersih yang didistribusikan,” kata dia.

“Kami berharap bantuan air bersih ini bisa membantu masyarakat di pengungsian, karena air bersih memang menjadi kebutuhan yang utama saat ini,” tambahnya.

Hasbi (Abi)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *