Categories: HULU SUNGAI UTARA

HSU Turunkan Status Bencana

AMUNTAI,  infobanua.co.id  – Musibah bencana banjir yang melanda hampir sebagian besar Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai tanggal 16 November 2022 yang lalu saat ini mulai berangsur surut bahkan kering. Dari data yang dimiliki BPBD HSU hingga saat ini dari 11.656 rumah yang terendam kini hanya tinggal 5.439 rumah, dan dari 13.744 Kepala Keluarga turun menjadi 6.435 Kepala Keluarga, serta 40.833 jiwa menjadi 19.489 jiwa atau turun sebanyak 64 persen.

Dari data tersebut melalui rapat Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung Kabupaten HSU disepakati bahwa status tanggap darurat akan diturunkan kembali menjadi status siaga. Status siaga sendiri ditetapkan BPBD HSU hingga bulan februari mendatang, hal tersebut dilaksanakan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan prakiraan BMKG bahwa curah hujan di HSU berkisar dari ringan hingga sedang.

Hal tersebut disampaikan Drs. Sugeng Riyadi, M.AP. selaku Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD HSU sesaat setelah dilaksanakannya rapat BPBD bersama Badan/Dinas/Kantor dan Instansi Vertikal serta berbagai Organisasi Relawan lainnya di Posko Tanggap Darurat Siring Itik Amuntai. Rabu (30/11/2022).

“Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung akan kita turunkan menjadi Siaga dari hari Jum’at, 2 Desember 2022 sembari melihat situasi dan kondisi malam dan esok hari (kamis)” ujar Sugeng. Rabu sore (30/11/2022).

Meski status akan diturunkan, namun ia berpesan kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga terhadap situasi dan kondisi ketinggian debit air, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Fai/IB

admin

Recent Posts

DKUMPP Banjar Gelar Kajian Awal RPIK 2025-2045

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar…

58 menit ago

Pemkab Banjar Bentuk Tim Pelaksana Pemberangkatan dan Pemulangan CJH

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Kesra menggelar Rapat Pemantapan…

1 jam ago

PPPK Formasi 2023 Sudah Terima SK Bupati Tanbu

BATULICIN, infobanua.co.id - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM Zairullah Azhar, resmi melantik dan menyerahkan…

3 jam ago

Belasan Kecamatan Ramaikan Lomba Masak Panginan Sukup Simpan

Sampit, infobanua.co.id - Belasan peserta yang berasal dari PKK Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur meramaikan…

5 jam ago

Penanganan Narkoba Jadi Masalah Serius Pemkab Kotim

Kotawaringin, infobanua.co.id - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan jika masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap…

5 jam ago

Wakil Ketua I DPRD PPU Raup Muin Pimpin Rapat Paripuna LKPj TA 2023

PENAJAM, infobanua.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat…

5 jam ago